Liputan Haji 2018

Petugas Sita Ratusan Bungkus Rokok Milik Jamaah Haji asal Jember

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Petugas mendata rokok yang dibawa JCH dalam jumlah besar

jatimnow.com - Berbagai macam tujuan Jemaah Calon Haji (JCH) pergi ke tanah suci. Ada yang murni ibadah, namun ada beberapa yang mengambil keuntungan. Seperti pada delapan orang JCH asal kabupaten Jember, Jawa Timur ini. Mereka kompak membawa rokok dalam jumlah besar.

Delapan orang JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 embarkasi Surabaya ini terbukti telah memasukan rokok diluar batas yang telah ditentukan oleh panitia haji.

Koper yang bertuliskan Surami JCH asal Jember, terbukti membawa ratusan bungkus rokok atau setara 36 slop yang disembunyikan di dalam kopernya dengan cara dililit dengan kain ihram.

Diketahuinya tumpukan rokok tersebut, setelah masuk dalam pemeriksaan X-Ray. Sehingga delapan koper berdaya tampung 32 kilogram yang seharusnya berisikan perlengkapan haji atau pakaian itu, disita oleh petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Surabaya pada Rabu (18/7/2018) malam.

Sutarno, salah seorang petugas pemeriksaan PPIH Embarkasi Surabaya mengatakan delapan tas yang diperiksanya itu, beratnya melebihi peraturan yang telah ditetapkan yaitu 32 kg.

"Delapan tas itu dipisahkan karena saat dilihat menggunakan mesin X-Ray terpindai berisi barang-barang mencurigakan, dan setelah di buka atai diperiksa ternyata penuh dengan rokok semua," terangnya.

Setelah diperiksa, tas itu dipisahkan dan pemilik barang dipanggil untuk menyaksikan pembongkaran koper yang dilakukan oleh petugas. Begitu dibongkar, isinya cukup mencengangkan.

Masing-masing koper berisi penuh rokok. Hanya beberapa barang lain ditemukan dalam jumlah sedikit, seperti baju dan sandal.

Berbagai cara yang tergolong canggih dilakukan oleh delapan JCH tersebut dalam menyembunyikan rokok di dalam tasnya.

"Jemaah pemilik barang sepertinya berupaya menyembunyikan rokok yang mereka bawa. Karena saat pembongkaran ternyata ratusan rokok-rokok itu sudah dikemas dan tertata dengan rapi. Ada yang dibungkus dengan kardus tebal dan dilapisi kertas koran dan disolasi berwarna coklat," urainya.

Selain itu, pada pengamatan di gudang pemeriksaan tas. Ada juga yang bermodus lain, yakni rokok-rokok itu ditata satu-satu hingga membentuk formasi segi empat selebar keramik kecil. Rokok itu lalu dibungkus kertas karton putih rekat-rekat.

"Ada juga seperti bentuk pigora dan di taruh di bawah kain pelapis tas dan kemudian ditutupi dengan barang lain seperti baju dan sandal. Cara mengemasnya itu lho, sangat canggih bener," tambahnya.

Bahkan ada yang terang-terangan. Sekoper penuh milik jemaah berisi kotak-kotak koran yang didalamnya tersembunyi berbungkus-bungkus rokok.

Sementara Selamet Riyadi  juga JCH asal Jember membungkus rapi 10 slop rokok yang dibawanya dengan lakban warna coklat.

Ketika ditanya petugas, ia beralasan membawa rokok dalam jumlah besar, Slamet menjawab dengan klasik barang tersebut merupakan titipan orang untuk diberikan pada saudaranya yang bermukim di Mekkah.

"Selain dikonsumsi sendiri, rokok itu juga titipan dari saudara yang ada disana," terang Selamet kepada petugas.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter