Pixel Code jatimnow.com

Berkomitmen Majukan UMKM Trenggalek, Mas Ipin Raih Penghargaan dari Menkop RI

Editor : Arina Pramudita Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat menerima penghargaan dari Kemenkop dan UMKM RI. (Foto: Kominfo Trenggalek/jatimnow.com)
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat menerima penghargaan dari Kemenkop dan UMKM RI. (Foto: Kominfo Trenggalek/jatimnow.com)

Trenggalek - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Jumat (12/8/2022). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Teten pada Mas Ipin, sapaan Bupati Trenggalek, di pelataran Cihampelas Walk Kota Bandung, Jawa Barat.

Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM, diberikan terkait kegigihan dan keseriusan kepala daerah di Pesisir Selatan Jawa tersebut, dalam mendharmabaktikan diri untuk memajukan Koperasi dan UMKM di daerahnya.

Usai menerima penghargaan, Mas Ipin mengaku sangat bersyukur. Penghargaan itu didedikasikan untuk seluruh warga Trenggalek.

"Ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Trenggalek, saya hanya mewakili untuk menerima. Karena selama pandemi nilai investasi di sektor UMKM meningkat bahkan tiga kali lipat," ujar Mas Ipin.

Pemkab Trenggalek meraih Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM.Pemkab Trenggalek meraih Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM.

Menurut Mas Ipin, di masa pandemi, investasi di sektor UMKM terus meningkat bahkan 3 kali lipat. Seperti tahun lalu, tercapai 5.000 wirausaha perempuan yang pada tahun ini dilanjutkan dengan kegiatan boothcamp.

Baca juga:
Ning Ita Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif dan Perempuan Pilihan

Bukti nyata itu, merupakan upaya Pemkab Trenggalek dalam mendorong sejumlah peningkatan UMKM. Meski terlihat dengan berhasil diraihnya penghargaan, Mas Ipin memastikan hal tersebut merupakan wujud sinergitas meningkatkan kualitas UMKM yang terus dilakukan bersama para stakeholder.

"Ibu Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Dekranasda juga terus mensupport UMKM perempuan dengan organisasi yang dijalankan," tuturnya.

Selain menggerakan roda perekonomian, kebangkitan UMKM juga membuka banyak lapangan pekerjaan.

Baca juga:
Satsetwatwet Tangani Kecelakaan, Satlantas Polres Jombang Raih Penghargaan Polri

Saat ini, lanjut Mas Ipin, 97% lapangan pekerjaan tercipta dari UMKM. Tak hanya itu, UMKM juga berkontribusi 61% terhadap ekonomi nasional.

"Harapannya tetap semangat dan kita berjuang bersama-sama untuk mengangkat ekonomi Trenggalek," pungkasnya.