Pixel Code jatimnow.com

Teten Masduki Beberkan Pertumbuhan UMKM Digital di Indonesia

Penganugerahan cindera mata oleh AMSI kepada Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki (Foto-foto: Rama Indra/jatimnow.com)
Penganugerahan cindera mata oleh AMSI kepada Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki (Foto-foto: Rama Indra/jatimnow.com)

jatimnow.com - Event Indonesia Digital Conference (IDC) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) 2022 dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki. Event digelar di Ballroom Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (22/11/22).

Event tahunan AMSI kali ini mengusung tema "Web 3.0 Peluang dan Tantangan Model Bisnis di Era Digital". Aacara dilaksanakan dua hari, mulai 22 sampai 23 November 2022, dan ditutup dengan AMSI Award 2022.

Teten Masduki mengatakan, konsep Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) digital ini telah masuk dalam perencanaan matang pemerintah.

"Dua tahun setelah pandemi Covid-19 berlalu, jumlah UMKM digital ada 21 juta dan pada 2024 mendatang ditarget meningkat diangka 30 juta," jelas Teten.

Baca juga:
AMSI Bentuk Agency Iklan IDiA, Pastikan Konten dan Bisnisnya Sehat

Menurut Teten, dari data tersebut, basic digital UMKM akan terus diperluas, khususnya di sektor secondary city (kota lapis kedua) setiap kabupaten dan kota.

Katanya, perputaran cepat ekonomi UMKM digital ini, besar pengaruhnya berasal dari konten media sosial.

"Pembelian market digital sebagian besar didikte oleh penampilan konten di sosial media," tambahnya.

Baca juga:
Masuki Tahun Politik, AMSI Kembangkan Jurnalisme Pre-Bunking

Sehingga, bersama jaringan AMSI, Teten berharap bisa lebih persuasif mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri.

"Pemerintah melalui APBD telah menyediakan belanja 40 persen untuk produk UMKM. Mari kita persuasif mengajak masyarakat mencintai produk-produk dalam negeri," pungkasnya.