Pixel Code jatimnow.com

Kukuhkan Paskibraka, Eri Cahyadi: Kobarkan Semangat Bangun Surabaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Wali Kota Eri Cahyadi saat mengukuhkan Parkibraka Surabaya (Foto-foto: Humas Pemkot Surabaya/jatimnow.com)
Wali Kota Eri Cahyadi saat mengukuhkan Parkibraka Surabaya (Foto-foto: Humas Pemkot Surabaya/jatimnow.com)

Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengukuhkan 99 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Senin (15/8/2022). Pengukuhan digelar di Lantai 6 Gedung Graha Sawunggaling, Balai Kota Surabaya.

Anggota Paskibraka yang dikukuhkan itu akan menjalankan mandat sebagai petugas upacara pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (17/8/2022).

Dalam momen itu, Eri Cahyadi berpesan, bahwa menjadi anggota Paskibraka bukan hal mudah. Karena baginya, Paskibraka bukan hanya sekadar baris-berbaris dan mengibarkan bendera merah putih.

"Paskibraka adalah orang-orang pilihan, bukan hanya sekedar baris-berbaris mengibarkan bendera. Tetapi bagaimana bisa mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dari arti Sang Merah Putih," terang Eri.

Eri berharap kepada seluruh anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan, agar dapat meneladani jiwa-jiwa kepahlawanan. Semangat bendera merah putih harus terus berkibar di dada setiap anggota Paskibraka.

"Saya berharap setelah adik-adik ini menjalankan tugasnya sebagai Paskibraka, maka semangat bendera merah putih yang hari ini dicium, terus berkibar di dada dan hati adik-adik Paskibraka," tambahnya.

Menurutnya, perjuangan saat ini masih terus berlanjut. Jika dahulu para pahlawan berjuang mengalahkan penjajah, maka perjuangan sekarang adalah melawan kapitalis, kesombongan, kemiskinan dan pengangguran.

Wali Kota Eri Cahyadi saat mengukuhkan Parkibraka SurabayaWali Kota Eri Cahyadi saat mengukuhkan Parkibraka Surabaya

Baca juga:
Bertemu Bupati Ipuk, Ayumi Ceritakan Pengalaman Jadi Paskibraka Nasional

"Ini yang saya harapkan adik-adik Paskibraka menjadi agen-agen perubahan di Kota Surabaya. Untuk menciptakan Surabaya menjadi kota yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur," papar Eri.

Eri juga berpesan, saat anggota Paskibraka kembali ke sekolah atau komunitasnya, agar dapat memberikan contoh dan perubahan terbaik untuk arek-arek Suroboyo.

"Terus kobarkan semangat perjuangan. Terus kobarkan semangat-semangat kita untuk membangun Surabaya dan kebahagiaan warga Kota Surabaya," ujarnya.

Eri menyebut, upacara pengibaran bendera merah putih HUT ke-77 RI di Balai Kota Surabaya, bakal menerapkan formasi lengkap, yaitu 8, 17 dan 45. Jika sebelumnya pada perayaan HUT RI Tahun 2021, Paskibraka hanya berjumlah 8 orang karena adanya Pandemi Covid-19.

Baca juga:
TPAKD, Upaya Kurangi Ketergantungan Warga Kota Pasuruan Terhadap Rentenir

"Kalau tahun kemarin (2021) kan pasukan 8 pada waktu pandemi Covid-19. Bahkan sempat tiga pas awal Covid-19. Kalau sekarang pasukannya lengkap," jelasnya.

Menariknya, pada upacara HUT ke-77 RI, Pemkot Surabaya juga mengundang masyarakat untuk hadir. Sebelumnya warga yang ingin mengikuti upacara secara langsung, dapat mendaftar melalui online dengan dibatasi 100 orang pendaftar.

"Pada 17 Agustus 2022 ini, kita melakukan pengibaran bendera dengan mengundang masyarakat. Karena kita buka untuk masyarakat agar bisa dekat dengan pemkot, maka kita buka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara bendera," pungkasnya.