Pixel Code jatimnow.com

8 Makam Misterius di TMP Tulungagung

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Bramanta Pamungkas
Wito saat membersihkan makam pahlawan tak dikenal di TMP Tulungagung.(Foto: Bramanta Pamungkas)
Wito saat membersihkan makam pahlawan tak dikenal di TMP Tulungagung.(Foto: Bramanta Pamungkas)

Tulungagung - Sebanyak 8 pahlawan tidak dikenal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tulungagung. Dalam data nama di prasasti, pahlawan tersebut hanya ditandai dengan nomor registrasi. Para pahlawan yang tidak dikenal itu diduga kuat berasal dari masa perang kemerdekaan. Mereka terlibat langsung dalam pertempuran melawan Belanda dan gugur sebagai pahlawan.

Penjaga TMP Tulungagung Wito mengatakan, pemakaman baru digunakan sekitar 1967. Sebelumnya para pahlawan dimakamkan di sisi Selatan alun-alun Tulungagung. Pemerintah lalu memindahkan makam pejuang di lokasi sekarang yang terletak di Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru.

"Selain pahlawan yang dimakamkan di dekat alun-alun, pahlawan yang dimakamkan di pemakaman desa juga dipindahkan dan dijadisatukan di sini," ujarnya, Selasa (16/08/2022).

Selain pahlawan era kemerdekaan, terdapat juga beberapa veteran militer yang dimakamkan di TMP. Tidak semua veteran militer bisa dimakamkan di TMP Tulungagung. Hanya veteran yang memperoleh tanda kehormatan militer saja yang bisa dimakamkan di sana. Nantinya pihak Kodim setempat akan melakukan pengecekan sebelum memperbolehkannya.

Baca juga:
3 Makam Tabib Majapahit di Jombang: Pengunjung Disambut "Pasukan Berkuda"

"Saat ini sudah ada sekitar 550 makam yang akan dimakamkan di TMP, harus mendapatkan izin dari Kodim terlebih dahulu," tuturnya.

Terkait keberadaan delapan makam pahlawan yang tidak diketahui identitasnya, Wito menduga mereka merupakan pindahan dari makam yang lama. Diduga para pahlawan tersebut gugur saat berperang melawan Belanda di era kemerdekaan. Pada batu nisannya hanya tertera nomer registrasi saja.

Baca juga:
Sederet Kasus di Bangkalan Dibongkar: Begal hingga Pencurian Kotak Amal Makam

"Dugaannya pindahan dari makam yang lama, tidak diketahui namanya juga," pungkasnya.