Pedagang Sego Tempong Dihajar Cabai Rawit


Salah satu pedagang cabe di Pasar Banyuwangi.

jatimnow.com – Harga cabe rawit di pasar Banyuwangi mencapai angka Rp 60 ribu per kilo gram. Hal ini membuat pedagang  Sego (nasi) Tempong yang terkenal karena rasa pedasnya itu 'menjerit'.

Sutinah, salah satu pedagang Warung  Sego Tempong Mbok Nah di Kelurahan Kertosari mengaku, kenaikan harga cabe ini bukanlah pertama kali. Meskipun terbiasa dengan kondisi ini, dirinya mengaku harus memutar otak agar tetap bisa menggaji karyawannya.

“Kalau cabai mahal begini yang penting bisa untuk belanja ke pasar dan bayar gaji karyawan. Kalau kurang ya nyari mas. Saya belain meski keringetan,” aku Sutinah kepada jatimnow.com di Pasar Banyuwangi, Kamis (8/3/2018).

Meski cabe mulai merangkak naik, ia tetap komitmen untuk tidak merubah resep dan kepedasan yang menjadi ciri Sego Tempong khas Banyuwangi. Selain cabe, bumbu lain seperti bawang merah dan bawang putih juga ikut naik.

“Kalau rasa tetap kita jaga dan harga juga tidak naik. Takut kabur pelanggan saya,” kata wanita yang sudah memiliki 10 karyawan itu.

Perihal naiknya harga sejumlah bumbu, dibenarkan oleh pedagang Pasar Banyuwangi, Tiara. Dia menyebut, naiknya harga cabe terjadi sejak minggu ini. Semula cabe rawit dijual seharga Rp 50 ribu, kini menjadi Rp 60 ribu per kilo gram.

“Cabe merah juga naik dari Rp 24 ribu menjadi Rp 30 ribu perkilo, bawang merah menjadi Rp 24 ribu, dan bawang putih menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Rata-rata kenaikannya antara 15 sampai 25 persen,” terang Tiara.

Sedangkan, naiknya beberapa item kebutuhan dapur tersebut juga diikuti oleh bahan-bahan sembako seperti, beras, telur ayam, dan minyak goreng curah.

“Sekilo telur dari Rp 20 ribu menjadi Rp 22 ribu, beras Rp 12 ribu, naik seribu, dan minyak curah naik seribu menjadi Rp 12 ribu per kilo gram,” kata ibu dua anak itu.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Erwin Y


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter