Pixel Code jatimnow.com

Khofifah Ajak Nikmati Keindahan Gunung Bromo, Kawah Ijen dan Gili Iyang

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Khofifah saat mengunjungi Bromo. (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Khofifah saat mengunjungi Bromo. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indonesia mengajak warga Jatim untuk bersyukur karena tinggal di Negara Indonesia yang baru saja dinobatkan sebagai negara terindah nomor satu di dunia versi Majalah Forbes.

Hal ini, sebagaimana dalam survei oleh Majalah Forbes yang hasilnya dirilis pada 22 Februari 2022. DKeindahan alam Indonesia berhasil dinobatkan sebagai peringkat pertama mengalahkan puluhan negara dari seluruh dunia.

Untuk itu, Gubernur Khofifah mengajak para wisatawan untuk menikmati keindahan alam Indonesia dengan berwisata ke Gunung Bromo dan juga Blue Fire Kawah Ijen yang ada di Jawa Timur. Dua wisata tersebut merupakan andalan Jatim yang memiliki keindahan alam yang luar biasa.

"Di Gunung Bromo kita bisa menikmati pemandangan alam berupa kawah Bromo, yang dilengkapi dengan kawasan gunung dan perbukitan, serta hamparan padang savana nan indah," kata Gubernur Khofifah.

Begitu juga dengan destinasi wisata Kawah Ijen yang memiliki keunggulan berupa Blue Fire yang merupakan fenomena blue flame satu-satunya di dunia.

"Blue fire di Kawah Ijen adalah satu satunya di dunia. Destinasi ini juga menjadi favorit bukan hanya wisatawan domestik tapi juga dari mancanegara. Maka saya secara khusus mengajak, bagi yang belum pernah ke sana untuk mencicipi keindahan alam yang langka dan hanya ada di Jatim ini," tegasnya.

Bahkan dalam waktu dekat perbaikan dan pengembangan kawasan wisata baik di Bromo Tengger Semeru maupun di Kawah Ijen juga terus dilakukan sebagaimana telah dua kawasan wisata tersebut masuk dalam program percepatan pembangunan ekonomi Jatim dan tercantum dalam Perpres No. 80/2019 sebagai Proyek Strategis Nasional.

Tidak hanya itu, yang Gubernur Khofifah juga mengajak warga Indonesia untuk menengok pula Gili Iyang yang ada di Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Baca juga:
Khofifah Optimis Stok Beras di Jatim Aman

Destinasi wisata satu ini tak hanya memiliki keindahan alam yang menawan, tapi juga dinobatkan sebagai tempat dengan oksigen terbaik kedua di dunia.

"Jadi selain menikmati keindahan pantai yang indah, berwisata di Gili Iyang juga dijamin sehat, karena tempat ini adalag tempat dengan oksigen terbaik kedua di dunia setelah laut mati di Jordania," tegas Khofifah.

Lebih lanjut gubernur perempuan pertama Jatim ini menuturkan bahwa Indonesia sangat layak mendapatkan gelar sebagai negara terindah nomor satu di dunia.

Bahkan menurut survei tersebut, Indonesia yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau, tercatat berhasil mengantongi skor keindahan alam 7,77 dari 10.

Baca juga:
Tinjau Posko Korban Semeru, Khofifah Bagikan Bantuan untuk Pengungsi

Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat untuk banyak berlibur di Indonesia saja, tak usah ke luar negeri. Sebab dengan berwisata di Indonesia terutama Jatim, juga menjaga warisan leluhur akan keindahan bumi pertiwi.

"Salah satu alasan dari ribuan alasan kenapa kita perlu banyak-banyak bersyukur tinggal di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh healing ke luar negeri, karena Indonesia punya banyak sekali destinasi wisata yang menawan, eksotik, dan mendunia," ungkap Gubernur Khofifah bangga.

Bonusnya, dengan rajin menjelajahi keindahan alam Indonesia, juga sekaligus bisa mengeksplor kekayaan kuliner nusantara. Yang tentunya memiliki cita rasa yang khas dan beragam di setiap daerah destinasinya.

"Karena jika bukan masyarakat Indonesia sendiri yang menjaga, maka siapa yang akan menjaganya. Belum lagi keanekaragaman kreasi kulinernya yang lezat dan nikmat. Setuju?" pungkas Gubernur Khofifah.

Peristiwa

Mengenal Siklus dan Gejala Erupsi Semeru

"Siklus erupsi gunung api aktif bermacam-macam. Bisa satu tahun sekali, setiap bulan, bahkan setiap hari," kata Pakar Geologi ITS, Amien Widodo.