Pixel Code jatimnow.com

Pemkab Bojonegoro Segera Luncurkan 419 Mobil Siaga Desa, Ini Warning Kejari

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Misbahul Munir
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

Bojonegoro - Pemkab Bojonegoro segera meluncurkan 419 Mobil Siaga Desa. Ratusan unit kendaraan ini berasal dari Program Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD).

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah mengatakan untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa menuju masyarakat yang sejahtera dan produktif dan meningkatkan kualitas layanan sosial masyarakat terutama dalam hal darurat, kesiapsiagaan menghadapi bencana, dan kondisi lain yang membutuhkan sarana transportasi/mobilisasi.

"Program Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) berupa Mobil Siaga Desa ini akan segera direalisasikan pada P APBD Kabupatan Bojonegoro Tahun 2022 dengan jumlah total 419 Desa," ujar Bupati Anna.

Hal ini diungkap saat Rapat Koordinasi Bantuan Keuangan yang bersifat khusus bagi desa untuk pengadaan Mobil Siaga Desa melalui BKKD Tahun 2022 bertempat di Pendopo Malowopati, Kamis(25/8/2022).

Rakor dihadiri Forkopimda, kepala OPD, camat, dan 419 Kades Se-Kabupaten Bojonegoro.

Anna menjelaskan dalam pelaksanaannya nanti Pemkab telah menyiapkan petunjuk pelaksanaan dan teknisnya. Sehingga sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah di tetapkan.

"Mobil Siaga Desa ini nantinya agar dirawat dan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan melayani warga, baik warga Desa setempat atau pun warga Desa lain yang sedang membutuhkan pertolongan," tandasnya.

Baca juga:
14 Proyek Strategis Senilai Rp25 M Pemkab Bojonegoro Gagal Dieksekusi

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro Badrut Tamam. (Foto: Misbahun Munir/jatimnow.com)Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro Badrut Tamam. (Foto: Misbahun Munir/jatimnow.com)

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro Badrut Tamam menambahkan untuk suksesi progam BBKKD untuk pengadaan Mobil Siaga Desa Tahun 2022 ini pihaknya bersama Forkopimda turut mendukung untuk meningkatkan mobilitas masyarakat yang mengalami kegawatdarutan.

"Sepanjang pelaksanaannya on the track (dilaksanakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku), karena desa merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan Pemerintahan yang bersentuhan dengan masyarakat secara langsung," tambahnya.

Baca juga:
40 Kendaraan Dinas Pemkab Bojonegoro Dilelang, Pemenang Diumumkan 17 November

Pak BT sapaan akrapnya berharap melalui mobil siaga yang akan diberikan oleh Pemkab Bojonegoro tersebut agar dapat dimanfaatkan seutuhnya untuk kepentingan warga. Selain azas manfaat, perawatan, dan kegunaan mobil tersebut juga harus diperhatikan.

"Jangan sampai mobil siaga tersebut digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain atau pun bapak/ibu Kades sendiri," tegasnya.