Pixel Code jatimnow.com

Mas Ipin Luncurkan Program TEMAN untuk Tingkatkan Perekonomian Pesantren

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat memberikan bantuan program TEMAN ke pesantren (Foto-foto: Dok. Dinas Kominfo Trenggalek)
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat memberikan bantuan program TEMAN ke pesantren (Foto-foto: Dok. Dinas Kominfo Trenggalek)

Trenggalek - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) meluncurkan program pengembangan ekonomi untuk pondok pesantren (ponpes), dengan nama TEMAN (Ternak Mondok Memakmurkan).

Dalam peluncuran program tersebut, Mas Ipin menyerahkan bantuan sejumlah ternak serta prasarana peternakan lainnya kepada pengurus sejumlah ponpes.

Mas Ipin mengatakan, ternak yang diserahkan ke ponpes ini sebelumnya dikelola oleh Dinas Peternakan. Pihak dinas kemudian memiliki inovasi untuk menitipkan ternak itu ke pesantren.

Nantinya jika ternak tersebut berkembang, maka pesantren akan mendapatkan bagian.

"Ternak ini sebelumnya dikelola oleh dinas, menjadi aset dari dinas. Daripada menjadi aset dinas namun tidak bergulir ke ekonomi, maka Dinas Peternakan memiliki inovasi. Aset dinas ini kemudian dititipkan ke pondok-pondok, agar kemudian pondok-pondok ini nanti bisa mengelolanya," ujar Mas Ipin, Jumat (26/8/2022).

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat memberikan bantuan program TEMAN ke pesantrenBupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat memberikan bantuan program TEMAN ke pesantren

Ternak yang dititipkan ini adalah kambing jenis PE dan sapi. Selain ternak, Mas Ipin juga memberikan bantuan mesin chooper untuk mengolah pakan ternak.

Baca juga:
Peringati Hari Korpri, Mas Ipin ajak ASN Tingkatkat Layanan Masyarakat

Mas Ipin berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan perekonomian di kalangan pesantren. Pemkab Trenggalek juga akan terus memantau perkembangan program tersebut.

"Jadi ini bentuknya bukan hibah atau bukan kita beri ke pondok tersebut, tetapi kita titipkan. Yang dulunya ada di kandangnya pemerintah, sekarang kita taruh, kita titipkan untuk mondok di pondok-pondok pesantren," tuturnya.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin)Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin)

Sementara Plt Kepala Dinas Peternakan Trenggalek, Nur Koliq menambahkan, program TEMAN ini ditujukan untuk mewujudkan misi ketiga Mas Ipin, utamanya yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan.

Baca juga:
APBD Trenggalek 2023 Disetujui, Mas Ipin Fokus Pemulihan Bencana dan Ekonomi

Pesantren dipilih karena memang ditujukan untuk meningkatkan perekonomian pesantren sekaligus dapat menjadi salah satu media pelatihan berwirausaha usaha bagi para santri.

Mantan Camat Bendungan itu menyebut ada tiga sasaran program TEMAN, yang disingkat dengan PLO. Meliputi pondok pesantren, lembaga pendidikan keagamaan dan organisasi keagamaan.

"Jadi nanti lembaga pendidikan keagamaan dan organisasi keagamaan juga akan mendapatan bantuan ini," pungkasnya.