Pixel Code jatimnow.com

Pedasnya Ikan Asap Sambal Orek Khas Lamongan, Berani Coba?

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Ikan asap sambal orek khas Pantura Lamongan.(Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Ikan asap sambal orek khas Pantura Lamongan.(Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Punya rencana berwisata ke Lamongan? Jika iya, jangan sampai melewatkan makanan mengunggah selera yang satu ini. Namanya ikan asap sambal orek yang dijamin bisa menggoyang lidah Anda.

Kuliner tersebut banyak ditemui di wilayah Kecamatan Paciran. Jika biasanya ikan asap identik bernuansa pesisir pantai, tapi tidak dengan yang satu ini. Anda akan dibawa ke suasana sejuknya perdesaan.

Salah satu penyedia menu ikan asap sambal orek adalah Warung Afiza di Desa Sumurgayam, Paciran, Lamongan. Di sana, berbagai jenis ikan asap tersedia. Mulai ikan salem, togek, mbelo, pari, tonang, manyung dan beragam ikan laut lainnya.

"Warung ini khusus menyajikan aneka ikan asap hasil tangkapan nelayan. Karena warga sini memang banyak yang bermata pencaharian sebagai nelayan," ujar Khamilatul Izzah, pemilik warung sambal ikan asap di Desa Sumurgayam, Sabtu (27/8/2022).

Selain beragam ikan laut, Izzah juga menyediakan nasi putih dan nasi jagung yang siap disandingkan dengan sambal orek istimewa buatannya.

Baca juga:
Tingkatkan Kenyamanan, Resto ini Bentuk Satgas Sertifikasi Halal

"Sambal orek ini memang lebih sering disuguhkan bareng dengan ikan asap. Yang membuat istimewa adalah sambal oreknya ada menu tambahan jeruk engklang," beber Izzah.

Untuk harganya, tergantung pilihan ikan di kisaran Rp16 ribu hingga Rp25 ribu per porsi. Setiap harinya, Izzah bisa menghabiskan 100 ekor ikan segar untuk memenuhi pesanan pelanggan. Bukan hanya warga Lamongan, tapi banyak pula dari luar daerah.

Baca juga:
Menilik Sejarah Panjang Bakpao Kimyen yang Terkenal

Salah satu pelanggan, Imam Efendi mengaku ketagihan dengan olahan ini. Setiap kali ke Lamongan, ia selalu menyempatkan ke warung milik Izzah.

"Yang menarik dan khas di sini memang sambal oreknya. Aroma dan rasa pedasnya sangat khas yang membuat saya datang jauh-jauh dari Surabaya," ungkap pelanggan asal Surabaya itu.