Pixel Code jatimnow.com

Terkendala Usia, Gadis Asal Gresik Ini Batal Tampil di Miss Asia Global

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Sahlul Fahmi
Soffia Diffa Novianti diapit Davina Pietrek dan Rifaldoni.(Foto: Dok. pribadi Soffia)
Soffia Diffa Novianti diapit Davina Pietrek dan Rifaldoni.(Foto: Dok. pribadi Soffia)

Gresik - Soffia Diffa Novianti asal Gresik kabarnya batal mewakili Indonesia di ajang Miss Asia Global Internasional akibat terkendala usia. Ajang duta wisata yang mempromosikan pariwisata Asia di dunia Internasional tersebut akan digeber di Penang, Malaysia pada 8-20 September 2022.

Direktur Nasional Miss Asia Global Davina Pietrek mengatakan, Soffia dinyatakan gagal karena ada batasan usia. Sebelumnya, Soffia lolos dan ditunjuk mewakili Indonesia usai terpilih dalam seleksi pertama.

"Soffia seleksi pertama menyingkirkan kandidat lainnya. Namun dalam proses seleksi kedua, yakni seleksi berkas, Soffia dinyatakan gagal saat datanya diinput di program," terang Davina, Sabtu (3/8/2022).

Perlu diketahui, batasan usia dalam ajang Miss Asia Global Internasional adalah 17-25 tahun. Tahun ini, Soffia baru berusia 17 tahun pada 17 November.

"Sayangnya pihak penyelenggara tidak memperbolehkan meskipun selisihnya hanya dua bulan. Kami sudah memberikan klarifikasi ke penyelenggara. Tapi menurut mereka saat ini masih situasi pandemi, sehingga usia yang belum tepat 17 tahun tidak diperbolehkan," imbuhnya.

Sementara itu, manager Dave Entertainment Rifaldoni mengungkapkan bahwa usai seleksi pemberkasan selama tiga hari, sistem menolak menyesuaikan selisih usia tersebut. Namun meskipun gagal, Soffia masih memiliki kesempatan dalam Miss Asia Global tahun depan di Thailand.

"Tahun depan akan ada ajang Miss Teenstar Internasional 2023 pada Juni dan Miss Asia Global Internasional 2023. Rencananya, Soffia berpartisipasi mewakili Indonesia dalam Miss Teenstar Internasional. Kami masih memiliki banyak waktu untuk tahun depan," terang Rifaldoni.

Baca juga:
Gunung Kelud Disiapkan Menjadi Kawasan Wisata Ramah Disabilitas

Miss Teen Internasional adalah ajang yang sama dengan Miss Asia Global Internasional. Hanya saja batasan usia lebih muda dan tingkat promosinya lebih global dan mendunia.

Hal senada diungkapkan Orang tua Soffia, Deden Bima Satria. Meskipun mengaku kecewa karena segala persiapan keberangkatan sudah 80 persen.

"Rasa kecewa pasti ada, kecewa karena berbagai persiapan telah matang. Namun saya tak mau terlalu memikirkan ini, anggap saja kesuksesan yang tertunda," ucap Deden.

Baca juga:
Gresik United Petik Kemenangan Perdana Usai Kalahkan Persepa Pati

Kegagalan tersebut memiliki sisi baik untuk bisa mendapatkan waktu lebih panjang dalam persiapan tahun depan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kesuksesan Soffia, terutama dari pemprov, pemkab, dan stakeholder lainnya," imbuh Deden.