Pixel Code jatimnow.com

Mortir Aktif Gegerkan Warga di Tuban, Tim Jibom Diterjunkan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Misbahul Munir
Tim Jibom Gegana Polda Jatim mengevakuasi mortir aktif di Tuban (Foto: Tangkapan layar video amatir)
Tim Jibom Gegana Polda Jatim mengevakuasi mortir aktif di Tuban (Foto: Tangkapan layar video amatir)

Tuban - Warga Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban digegerkan dengan penemuan mortir aktif di pekarangan rumah warga, Selasa (6/9/2022). Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Jatim diterjunkan untuk melakukan evakuasi.

Mortir itu ditemukan di belakang rumah Sunoto (60) pada Senin (5/9/2022). Penemuan itu lantas dilaporkan ke kepolisian setempat.

Kapolsek Kerek, AKP Darmono menuturkan, mortir tersebut ditemukan di pekarangan rumah milik Sunoto (60), warga Desa Padasan. Saat itu pemilik rumah sedang melakukan penggalian dan mendapati mortir tersebut.

"Petugas yang mendapat laporan langsung mendatangi TKP dan langsung memasang garis polisi," ujar Darmono, Selasa (6/9/2022).

Baca juga:
Mortir Diduga Aktif Ditemukan di Krian, Sidoarjo

Setelah memasang garis polisi, Darmono mendatangkan Tim Jibom Polda Jatim untuk mengevakuasi mortir tersebut. Dan sekitar pukul 10.00 WIB, hari ini, Tim Jibom melakukan penyisiran dan mengevakuasi mortir itu.

"Setelah dilakukan penyisiran, ditemukan satu mortir aktif dengan panjang 42 sentimeter, diameter 8 sentimeter dan sudah berkarat," bebernya.

Baca juga:
Pilihan Pembaca: Temuan Mortir, Lontong Tahu Mbah Katinem, Arisan Online

Selanjutnya mortir tersebut dibawa Tim Jibom ke lapangan tembak Desa Pongpongan untuk didisposal atau diledakkan.

"Dihimbau kepada masyarakat yang menemukan benda yang mecurigakan harap segera melaporkan kepada pihak yang berwajib. Jangan melakukan tindakan sendiri," pinta Darmono.