Pixel Code jatimnow.com

Mencicipi Kelezatan Sate Kambing H. Faqih, Kuliner Legendaris Jombang

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Sate kambing yang terbuat dari daging berkualitas di warung sate H. Faqih. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Sate kambing yang terbuat dari daging berkualitas di warung sate H. Faqih. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Jika berkunjung ke wisata religi makam Gus Dur, kalian bisa mencicipi kuliner sate kambing yang melegenda di Jombang. Yakni sate kambing H. Faqih, yang letaknya tidak jauh dari Ponpes Tebuireng, Diwek, Jombang.

Rumah makan sate ini berada di Jalan Mojowarno No. 297. Tepatnya di selatan Pabrik Gula Cukir. Tempat ini menyajikan olahan daging sate kambing dengan kualitas pilihan dan bumbu khas, yang dijaga ketat pengelola sejak tahun 1950-an.

Karena lokasinya yang cukup strategis, sebelah selatan Pondok Pesantren Tebuireng, membuat rumah makan H. Faqih tak pernah sepi pengunjung.

Harga seporsi sate kambing dengan kuah gulainya cukup ramah di kantong, membuat kuliner sate ini banyak diburu para pembeli. Dan saat masuk ke dalam, aroma sedap harum bau asap sate kian membuat perut keroncongan.

Muhammad Ilyas Faqih, pemilik rumah makan sate H. Faqih, mengatakan kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Rata-rata pelanggan kuliner ini adalah warga Jombang hingga luar pulau.

"Buka pukul 07.30 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Ada berbagai menu sate. Mulai sate tanpa lemak sampai ada lemaknya, tergantung selera pembeli," ungkap Ilyas, Jumat (16/9/2022).

Harga satu porsi sate tanpa lemak, lengkap dengan nasi putih dibandrol dengan harga Rp38 ribu. Untuk sate lemak 10 tusuk pake nasi dibandrol Rp35 ribu.

Baca juga:
Rombongan Pendekar Silat Serang Warga Kabuh Jombang, 4 Orang Terluka

"Untuk omzet per hari kisaran Rp4 jutaan," pungkasnya.

Sementara itu, Dwi Raharjo (49), salah satu pelanggan asal Kecamatan Perak, Jombang mengaku sudah sering makan sate H. Faqih. Bahkan, ia sudah lupa sudah berapa kali mampir ke rumah makan sate ini.

"Sering ke sini kadang sama keluarga. Terkadang rame-rame sama teman," ucap dia.

Baca juga:
Kandang Ayam di Jombang Hangus Terbakar, Pemilik Rugi Rp300 Juta

Menurut Raharjo, yang membedakan sate H. Faqih dan sate lainnya, adalah dari segi kualitas daging. Ia mengaku daging sate kambing H.Faqih sangat empuk saat disantap.

"Di sini dagingnya empuk serta bumbunya yang khas membuat sensasi makan sate tambah nikmat, untuk harganya terjangkau," ungkapnya.