Pixel Code jatimnow.com

3 Komisioner Bawaslu Jatim Dilantik, Ini Harapan DPRD

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan

jatimnow.com - Tiga orang anggota komisioner Bawaslu Jawa Timur telah resmi dilantik pada Rabu (21/9/2022) kemarin. Mereka adalah Nur Elya Anggraini, A Warist dan Rusmifahrizal Rustam.

Tiga orang ini telah dinyatakan lolos serangkaian tes seleksi hingga uji kelayakan dan kepatutan untuk kebutuhan tiga kursi kosong lantaran habis masa jabatan tahun ini.

Anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, Ubaidillah berharap, para komisioner yang baru dilatik ini dapat mengemban amanahnya sebaik mungkin dengan bekerja profesional sebagai salah satu bagian dari penyelenggara pemilu.

"Bekerja profesional sesuai amanah UUD," kata Ubaidillah, Kamis (22/9/2022).

Bagi Ubaidillah, kesuksesan serta keabsahan hasil dari Pemilihan Umum pada 2024 mendatang berada di tangan Bawaslu. Sebab itu sangat penting menjaga independensi dan berperilaku adil demi meminimalisir kemungkinan kecurangan.

Baca juga:
5 ASN di Tulungagung Melapor Namanya Tercatut Jadi Anggota Parpol

Tidak hanya untuk Bawaslu Jatim, lanjutnya hal tersebut juga harus ditanamkan dan dilakukan oleh Bawaslu tingkat kota/kabupaten karena mensukseskan pemilu merupakan tugas bersama.

"Memperkuat demokrasi dan menjaga independensi serta memilisir kecurangan. Tegas dalam memberikan arahan terhadap bawahan untuk profesional dalam menjalankan tugas," ujar politisi PKB tersebut.

Di sisi lain, Nur Elya Anggraini mengatakan begitu dilantik pihaknya harus segera gaspol memastikan optimalnya tugas pokok dan fungsi Bawaslu Jatim sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu. Begitu selesai pengambilan sumpah dan jabatan itu, berbagai tugas sudah menanti apalagi tahapan saat ini tengah berjalan.

Baca juga:
19 Warga Mojokerto Dicatut Anggota Parpol, Termasuk 2 ASN

Ia menyebut sebagaimana arahan Bawaslu RI, optimalisasi dalam masa tahapan Pemilu ini begitu ditekankan. Dalam waktu dekat, Bawaslu Jatim akan menggelar pleno untuk penentuan posisi baik ketua hingga divisi.

"Habis dilantik ini juga kami masih akan orientasi tugas hingga beberapa hari ke depan di Jakarta," ungkapnya.