Pixel Code jatimnow.com

BPBD Blitar Evakuasi 4 Pendaki Gunung Kelud yang Tersesat, Begini Kondisinya

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Bramanta Pamungkas
BPBD Kabupaten Blitar saat mengevakuasi pendaki yang tersesat.(Foto: BPBD Blitar)
BPBD Kabupaten Blitar saat mengevakuasi pendaki yang tersesat.(Foto: BPBD Blitar)

Blitar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar mengevakuasi 4 pendaki Gunung Kelud yang tersesat. Keempat pendaki adalah Faris (22), Andi (21), Eka (21) dan Edi (22). Mereka semua merupakan warga Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Kalaksa BPBD Kabupaten Blitar Ivong Betryanto mengatakan, rombongan pendaki melewati jalur pintu masuk di Desa Tulungarejo, Kecamatan Gandusari pada Sabtu (24/09/2022). Lalu sekitar pukul 18.00 WIB, pihak BPBD menerima laporan adanya pendaki yang tersesat. Tim kemudian dikirim untuk melakukan pencarian dan para pendaki ditemukan dalam kondisi sehat.

"Kami menerima laporan hari Sabtu dan langsung mengirim tim untuk proses pencarian," ujarnya, Senin (26/09/2022).

Para pendaki diketahui tersesat setelah salah mengambil jalur. Mereka tidak hafal dengan jalur pendakian ke puncak Gunung Kelud. Selain itu, logistik makanan yang dibawa juga sudah habis. Para pendaki bertahan dengan memakan tanaman yang ada di sekitar. Petugas dibagi menjadi dua tim untuk proses evakuasi.

Baca juga:
Pencarian Pendaki yang Hilang saat Ritual di Gunung Lawu Dihentikan

"Pendaki ini salah mengambil jalur sehingga tersesat," tuturnya.

Petugas lalu membawa turun keempat pendaki. Mereka kemudian diantarkan untuk pulang ke rumah. Pihak BPBD sendiri mengimbau kepada para pendaki untuk selalu waspada saat melakukan pendakian. Mereka diminta mengamati jalur yang sudah disiapkan petugas sehingga tidak tersesat.

Baca juga:
Tim SAR Pastikan Jenazah di Tawangmangu Bukan Pendaki Gunung Lawu yang Hilang

"Kami mengimbau untuk waspada dan teliti dalam mengamati jalur," pungkasnya.