Pixel Code jatimnow.com

Menteri Perdagangan Ajak Mahasiswa Berani Berkompetisi untuk Jadi Manusia Unggul

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Farizal Tito
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di UM Surabaya.(Foto: Dat for jatimnow.com)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di UM Surabaya.(Foto: Dat for jatimnow.com)

jatimnow.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak 2.035 mahasiswa baru Universitas Muhamamdiyah Surabaya (UM Surabaya) berani berkompetisi dan bersaing untuk menjadi manusia unggul.

Hal tersebut disampaikannya ketika memberikan kuliah umum saat pembukaan Masa Taaruf Mahasiswa (Mastama) di Gedung At-Tauhid Tower UMSurabaya, Kamis (29/9/22).

“Jangan menjadi anak muda yang hanya menikmati penderitaan. Sebab hanya anak muda yang berani berkompetisi dan bersaing yang akan menjadi manusia unggul,”tegas pejabat yang diakrab Zulhas di hadapan ribuan mahasiswa.

Ia menegaskan, anak muda atau mahasiswa yang bisa menyiapkan dirinya dengan baik maka akan survive. Sementara mereka yang tidak mampu mempersiapkan diri akan tersingkir.

Pada kesempatan Masa Taaruf Mahasiswa, Zulhas juga berharap nantinya ada menteri, jendral, gubernur, presiden yang lahir dari mahasiswa UM Surabaya saat ini.

“Saya yakin itu akan bisa terjadi karena kalian saat ini berada di kampus terbaik di Jawa Timur,” ungkap mantan Ketua MPR RI yang disambut dengan riuh tepuk tangan audiens.

Lebih lanjut, Zulhas menjelaskan bahwa setiap orang punya waktu serta modal yang sama. Yakni waktu 24 jam dalam sehari, siapapun dan apapun profesinya.

Baca juga:
Pemerintah Sediakan Subsidi Bagi Produsen Tahu dan Tempe Tradisional

“Tidak peduli apapun profesinya, baik itu rektor ataupun jendral. Siapa pun yang bisa mengoptimalkan itu dengan baik, maka itulah yang akan menjadi pemenangnya. Itulah mengapa ada yang sukses, ada yang tidak,” tambahnya.

Selain memberikan motivasi, Zulkifli juga menyampaikan sejumlah pencapaiannya selama mengemban amanah menjadi menteri sejak 3 bulan lalu. Di antaranya berhasil mengendalikan harga pasar menjadi relatif stabil di tengah gejolak pemulihan ekonomi usai pandemi COVID-19.

Sementara itu, Rektor UM Surabaya Sukadiono mengatakan, kedatangan Menteri Perdagangan ke kampusnya merupakan sesuatu yang luar biasa. Ia berharap kedatangannya akan memberikan pelecut motivasi untuk mahasiswa baru sebagai bekal ilmu yang nantinya dapat diaplikasikan di tengah masyarakat.

Baca juga:
Menteri Perdagangan Tegaskan Pasokan Bahan Pokok Aman dan Harga Stabil

Menurut Sukadiono, Menteri Perdagangan memiliki pengaruh yang besar dalam membangun fakultas-fakultas di UM Surabaya. Khususnya perizinan Fakultas Kedokteran (FK) pada 2016. Ia juga menambahkan bahwa UM Surabaya akan membuka Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

"Mudah-mudahan kedatangan Pak Zulhas pagi hari ini membawa keberkahan pengambangan kampus UM Surabaya sekaligus persyarikatan yang semakin besar dan berkemajuan,” tutur Suko.

Turut Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut di antaranya Anggota DPR RI Zainuddin Maliki, Sungkono (politisi), Sulthon Amin (BPH UM Surabaya) beserta jajaran Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya.