KPK Sambangi Pemkab Ponorogo, Ada Apa?

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Kepala Deputi Bidang Pencegahan Korupsi KPK Arif Nurcahyo

jatimnow.com - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun ke Ponorogo pada Selasa (31/7/2018). Tim KPK tersebut juga mengumpulkan para kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Ponorogo, Kenapa?

Deputi Bidang Pencegahan Korupsi KPK sekaligus Ketua Tim Pencegahan Korupsi wilayah Jawa Timur, Arif Nurcahyo mengatakan, kedatangannya  ke Ponorogo bukan untuk melakukan operasi penangkapan.

"Hanya saja, kegiatan ini bentuk tindak lanjut komitmen bersama semua kepala daerah dan gubernur Jawa Timur. Saat itu disaksikan Kapolda Jatim, Kajati Jatim," kata Arif Nurcahyo, Kepala Deputi Bidang Pencegahan Korupsi KPK usai pertemuan di Gedung Bantarangin Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Selasa (31/7/2018).

Ia mengatakan, kegiatan ini bentuk monitoring dan evaluasi sistem yang ada di Pemkab Ponorogo. Apakah sudah sesuai atau belum.

Menurutnya, monitoring itu mulai dari penggunaan APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan satu pintu, pengelolaan dana desa, serta melaksanakan penguatan aparat pengawasan intern pemerintahan (APIP).

Menurut Arif, banyak kasus anggaran siluman yang diselipkan pada proses APBD.

"Diperencanaan dan penganggaran tidak ada. Tapi tiba-tiba ada," tambah Arif.

Sementara, terkait satu pintu, masyarakat bisa lebih lancar dan nyaman dalam mengurus perijinan. Tidak kocar kacir kesana kemari.

"Untuk pengadaan barang dan jasa juga lebih transparan. Jangan sampai harga di dinas A dan dinas B berbeda dalam satu barang," katanya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter