Pixel Code jatimnow.com

3 Desa di Batu Krisis Air Bersih Imbas Pipa dan Jembatan Diterjang Longsor

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Longsor yang terjadi di Kota Batu merusak jembatan penghubung dan pipa air bersih. (Foto: BPBD Kota Batu for jatimnow.com)
Longsor yang terjadi di Kota Batu merusak jembatan penghubung dan pipa air bersih. (Foto: BPBD Kota Batu for jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebuah jembatan penghubung dan pipa Hippam di Dusun Banyuning, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, rusak diterjang longsor, Selasa (1/11/2022) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan peristiwa itu terjadi setelah Kota Batu diguyur hujan cukup deras.

"Jadi material tanah longsor mengakibatkan jembatan penghubung antardusun yang ada kawasan tersebut terputus. Selain itu saluran pipa Hippam juga rusak, sehingga pasokan air bersih untuk masyarakat tersendat," ujarnya, Rabu (2/11/2022).

Kerusakan pipa Hippam sangat krusial pasalnya pipa tersebut untuk menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat yang ada di tiga desa antara lain Desa Giripurno, Desa Punten, dan Dusun Gintung Desa Bulukerto.

Baca juga:
Ya Allah! Truk Pasir Masuk Jurang, Begini Nasib Sopirnya

"Selain itu tanah longsor juga merusakkan plengsengan teknis dengan dimensi panjang 10 meter, lebar 3 meter dan tinggi 4,3 meter. Untuk itu perlu segera dilakukan pembersihan material longsor di kawasan tersebut," imbuhnya.

Pihaknya pun langsung melakukan pembersihan material longsor serta merencanakan pembangunan plengsengan teknis agar tanah tidak tergerus lagi. Hal ini menjadi urgent karena plengsengan yang rusak berada di kawasan dekat dengan permukiman.

Baca juga:
Warga Pacitan Tewas Tertimbun Longsor saat Cari Kayu Bakar

"Tentu saja perbaikan juga harus segera dilakukan terhadap pipa Hippam yang rusak," katanya.