Pixel Code jatimnow.com

Khofifah Berangkatkan 91 Tenaga Kesehatan ke Sumenep

Editor : Rochman Arief Reporter : Ni'am Kurniawan
Khofifah saat melepas 91 Nakes ke Kangean (Dok Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Khofifah saat melepas 91 Nakes ke Kangean (Dok Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan 91 perawat ke pulau Kangean, Sumenep, Rabu (2/11/2022) malam. Mereka akan menjalani visitasi mulai dari RSUD Kangean, Puskesmas, hingga Kantor Kecamatan.

“Mudah-mudahan semua diberikan kelancaran, kemudahan, kesuksesan, dan bisa memberi kehidupan yang lebih luas bagi masyarakat di Kepulauan Kangean,” ucap Khofifah dalam sambutannya.

“Kita berangkatkan dengan basmalah bersama-sama, bismillahirrahmanirrahim," sambung Khofifah sembari melepas rombongan dari halaman Gedung Negara Grahadi.

Pada visitasi ini, 91 tenaga kesehatan (Nakes) akan dikomandani Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Dr Erwin Ashta Triyono, selama empat hari ke depan sampai Minggu 6 November 2022.

Mereka berasal dari perwakilan Dinkes Jatim, Dinas Kesehatan Sumenep, RSUD Muhammad Anwar Sumenep, RSUD Dr Soetomo Surabaya, Rumah Sakit M Noer Pamekasan, Rumah Sakit Mata Masyarakat, Rumah Sakit Sumberglagah Mojokerto, organisasi pedaktin Jatim, Universitas Airlangga, serta Paskes di Pulau Kangean.

“Saya juga mengucapkan terimakasih, karena pada dasarnya 14 rumah sakit dalam koordinasi Pemprov Jatim, jikalau semua dibangun kolaborasi dan sinergi secara lebih kuat, maka insyaallah layanan kesehatan, layanan kesehatan kita lebih luas dan kualitatif. Selamat menjalankan tugas, salam semangat untuk semuanya,” jelas Khofifah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Dr Erwin Ashta Triyono mengatakan dari Nakes yang diberangkatkan ini meliputi dokter spesialis, dokter umum, bedah plastik, kandungan, anastesi, spesialis mata, THT dan bedah mulut, bidan, perawat, dan tenaga kesehatan tradisional.

Erwin menambahkan, selain Rumah Sakit sasaran dari aktivitas ini adalah masyarakat yang berada di sekitar Puskesmas Arjasa, Puskesmas Kangean, dan Puskesmas Sabegan.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinkes Sumenep, sebanyak 428 orang memerlukan pelayanam atau tindakan medis. Dengan rincian, kesehatan mata 204 kasus, bedah 127, kesehatan THT ada 39, kandungan 33, gigi 23,” jelas Erwin.

Baca juga:
Khofifah Babat Alas Kenalkan Turats Ulama Nusantara dan Kontribusinya pada Dunia

 

Enam tugas pokok Nakes:


1. Pelayanan dasar dan spesialistik

2. Melakukan screening penyakit tidak menular dengan pemeriksaan daerah sederhana

Baca juga:
Khofifah Lobi Tambah Kuota Beasiswa Perguruan Tinggi Al-Azhar Mesir untuk Jatim

3. Pelayanan kesehatan tradisional, dengan akupreseur dan akupuntur

4. Peningkatan kompetensi tenaga kesehatan rumah sakit, dan pengelola program puskesmas

5. Pemberdayaan masyarakat dengan memberikan KIE terhadap program prioritas tentang stunting, AKI, AKP, penyakit menular, dan tidak menular, serta promotif dan preventif.

6. Vistiasi rumah sakit Kangean.

Pemerintahan

UMP 2023 Jawa Timur Naik 7,8 Persen

Kenaikan UMP 2023 ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Jatim Nomor 188/860/KPTS/013/2022 tanggal 21 November 2022 tentang Upah Minimum Jatim.