Pixel Code jatimnow.com

SOS! Ribuan Warga Trenggalek Terisolir, Jembatan Mukus Putus Diterjang Banjir

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Bramanta Pamungkas
Bagian jembatan yang putus total. (Foto: Instagram @avinml)
Bagian jembatan yang putus total. (Foto: Instagram @avinml)

jatimnow.com - Ribuan warga Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek terisolir setelah jembatan penghubung antardusun putus akibat diterjang banjir bandang.

Hujan deras yang terjadi sejak Kamis (3/11/2022) sore membuat arus sungai sangat deras dan menyebabkan jembatan tersebut roboh.

Warga setempat kini sedang bergotongroyong membuat jembatan darurat dari bambu. Meskipun tidak mungkin dilintasi oleh kendaraan bermotor, minimal jembatan ini dapat mereka lewati dengan berjalan kaki.

Perangkat Desa Sawahan, Sigit Waluyo mengatakan Jembatan Mukus ini merupakan penghubung antara Dusun Winong dengan Krajan. Jembatan ini diketahui putus sekitar pukul 22.00 WIB.

Sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah ini sejak sore hari. Derasnya arus sungai membuat bagian kontruksi jembatan runtuh.

Baca juga:
Jembatan di Pacitan Ambrol, Belasan Korban Jatuh Terbawa Arus Sungai

"Kejadiannya tadi malam, saat itu hujan lebat sehingga arus sungai cukup deras dan meluap. Kondisi itu menggerus konstruksi bawah jembatan," ujarnya, Jumat (4/11/2022).

Putusnya jembatan ini diawali dengan ambrolnya kontruksi di sisi utara. Tak berapa lama berselang badan jembatan juga ikut runtuh sehinggga menyebabkan putus total. Total terdapat 9 RT dengan jumlah penduduk mencapai 3.200 jiwa yang terisolir.

Baca juga:
Tinjau Jembatan Putus di Ponorogo, Bupati Sugiri: Problemnya Sampah

"Mulai RT 7 sampai 15 ada di sisi tersebut, saat ini masih terisolir. Kami berusaha membuat jembatan darurat dari bambu. Semoga hari ini bisa selesai, minimal bisa digunakan untuk akses pejalan kaki," pungkasnya.