Pixel Code jatimnow.com

Diskusi Mas Ipin dengan Mensos Soal Penanganan Dampak Bencana di Trenggalek

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat mendampingi Mensos Risma ke lokasi terdampak banjir di Trenggalek (Foto-foto: Dok. Kominfo Trenggalek)
Bupati Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat mendampingi Mensos Risma ke lokasi terdampak banjir di Trenggalek (Foto-foto: Dok. Kominfo Trenggalek)

jatimnow.com - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) mendampingi Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini (Risma) meninjau bencana hidrometeorologi basah, banjir dan tanah longsor di Kecamatan Munjungan.

Bersama Forkompimda dan jajaran di Pemkab Trenggalek, Mas Ipin mengantar Risma menyaksikan keganasan air yang memporak-porandakan infrastruktur di kecamatan tersebut.

Menurut Risma, bancana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Trenggalek ini merupakan yang terparah di Jawa Timur. Selain Trenggalek, bencana pada Jumat (3/11/2022) lalu itu melanda Banyuwangi dan Malang.

"Kebetulan saya pas di Surabaya dan awalnya ada tiga, Banyuwangi, Ngantang Malang dan juga Trenggalek. Justru menurut saya yang terberat di Trenggalek," terang Risma, Minggu (6/11/2022),

Dalam kunjungannya itu, Risma juga memberikan bantuan senilai Rp600 juta dalam bentuk logistik, peralatan dapur umum dan keperluan korban lainnya. Dia juga berjanji akan membantu proses pembersihan dengan mengerahkan alat berat.

Baca juga:
APBD Trenggalek 2023 Disetujui, Mas Ipin Fokus Pemulihan Bencana dan Ekonomi

Bupati Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat mendampingi Mensos Risma ke lokasi terdampak banjir di TrenggalekBupati Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat mendampingi Mensos Risma ke lokasi terdampak banjir di Trenggalek

"Ini bantuan awal, logistik untuk masyarakat. Nanti juga akan saya bantu untuk sewa alat berat kemudian kita juga akan datangkan dari Jakarta. Saya juga kontak walikota Surabaya untuk membantu alat berat karena ini belum musim pemuncak. Jadi karena itu kenapa persiapannya harus cepat," tuturnya.

Sementara Bupati Trenggalek Mas Ipin mengucapkan terimakasih atas batuan yang digelontorkan oleh Kementerian Sosial tersebut.

Baca juga:
Bupati Trenggalek Ajak Masyarakat Tanam Bambu untuk Kelestarian Alam

Mas Ipin sempat berdiskusi dengan Risma terkait kondisi sungai di wilayah tersebut. Menurutnya, harus ada tindakan cepat untuk mencegah kejadian tersebut terulang kembali.

"Beliau ingin memastikan kebutuhan logistik warga terdampak terpenuhi. Maka dari itu ibu memerintahkan untuk menyiagakan dapur-dapur umum di kawasan yang dimungkinkan terisolir," pungkasnya.