Pixel Code jatimnow.com

Kisah Haru Penjual Kopi Bathok Jadi Kepala Desa, Kalahkan Petahana

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Misbahul Munir
Lukman Kharis saat diantar warga pendukungnya setelah terpilih jadi Kepala Desa (Foto-foto: tangkap layar video amatir warga)
Lukman Kharis saat diantar warga pendukungnya setelah terpilih jadi Kepala Desa (Foto-foto: tangkap layar video amatir warga)

jatimnow.com - Lukman Kharis (42), penjual kopi bathok di Desa Ngraho Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro terpilih menjadi kepala desa. Ia menang pada pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang 1 pada 26 Oktober lalu. Kisahnya pun kini viral di media sosial.

Dalam sebuah video amatir warga yang tersebar di media sosial memperlihatkan Lukman Hakim berjalan dari balai desa dengan diarak oleh warga untuk menuju rumah orang tuanya.

Sesampainya di lokasi, Lukman Kharis yang sudah ditunggu oleh ibu dan keluarganya. Suasana haru pun pecah seketika saat Lukman langsung memeluk dan bersimpuh di kaki ibunya. Sejumlah pendukung pun nampak tak kuasa menahan haru hingga berlinang air mata bahagia.

Pada Pilkades ini Lukman mendapatkan suara 497 dari total DPT sebanyak 1.154 orang. Selisih suara Lukman sebanyak 189 dari calon petahana.

Menurut kesaksian warga, Achmad Sunaryo mengatakan selama menjadi penjual kopi, Lukman dikenal sebagai sosok yang baik, jujur, ramah dan memiliki jiwa sosial yang tinggi di mata masyarakat setempat. Kemudian, dengan dukungan dari warga setempat ia maju untuk mencalonkan Kades dan berhasil melawan petahana dan satu calon lainnya.

Baca juga:
Kasus Kekerasan Seksual Anak di Bojonegoro Meningkat Selama 2022

“Mas Lukman baik. Orangnya jujur dan ramah. Jiwa sosialnya juga tinggi. Mudah-mudahan, ke depannya Mas Lukman dapat membawa Desa Ngraho Menjadi lebih baik lagi. Semoga nanti setelah dilantik, warung kopinya juga tetap buka seperti biasanya,” ujarnya.

Sementara itu Lukman Kharis mengaku, sebelumnya ia tidak menyangka karena sebenarnya tak memiliki niat untuk maju mencalonkan diri menjadi kepala desa. Namun, berkat dorongan dan dukungan dari warga setempat. Ia memantapkan diri maju mencalonkan diri sebagai kepala desa.

“Inginnya masyarakat mencari sosok pemimpin yang bisa mengayomi. Ya mudah-mudahan bisa amanah dan membangun desa," bebernya.

Baca juga:
Wow! Pohon Pisang Bertandan 5 di Bojonegoro Hebohkan Warga

Atas kepercayaan masyarakat terhadap dirinya, Lukman pun bertekad akan bekerja dan menjalankan amanah dari masyarakat dengan baik. Berbagai progam pun telah dia persiapkan.

"Harapanya kedepan jadi lebih baik lagi, Apa yang sudah baik akan kami lanjutkan progamnya, dan apa yang kurang diperbaiki, khusunya untuk rakyat kecil akan kita wujudkan," pungkasnya.