Pixel Code jatimnow.com

Banjir Rendam Dua Desa di Dander, Bojonegoro

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Misbahul Munir
Rumah warga yang terganang banjir di Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Rumah warga yang terganang banjir di Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Banjir merendam dua desa di Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, Jumat (11/11/2022) petang.

Dua desa itu Desa Kunci dan Sumberarum. Derasnya air yang berasal dari hutan membuat saluran air tidak mampu menahan debit air.

Akibatnya, sejumlah rumah warga di Desa Sumberarum terendam banjir. Selain itu, banjir juga menggenangi Jalan Raya Bojonegoro-Nganjuk, tepatnya di Desa Kunci.

Dari pantauan di lokasi, derasnya aliran air itu membuat sejumlah pengguna jalan terpaksa menepi. Pengendara roda dua yang nekat menerjang derasnya air terpaksa mendorong motornya karena mogok. Arus lalulintas pun sempat tersendat.

Salah satu pengendara, Muhadi mengatakan, kawasan Jalan Raya Bojonegoro-Nganjuk tepatnya di Desa Kunci tersebut sudah menjadi langganan banjir. Meski begitu, banjir yang terjadi tidak berlangsung lama, karena air berangsur surut beberapa jam kemudian.

Pengguna jalan menunggu air surut di Jalan Raya Bojonegoro-Nganjuk, Desa Kunci, Kecamatan Dander, Kabupaten BojonegoroPengguna jalan menunggu air surut di Jalan Raya Bojonegoro-Nganjuk, Desa Kunci, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro

Baca juga:
Viral Pengantin Wanita Digendong Melintasi Banjir saat Pernikahan di Bojonegoro

"Biasanya juga meluap sampai ke jalan, cuma gak sederas ini," beber warga Kecamatan Temayang itu.

Sementara menurut warga Sumberarum, Reza, air masuk ke rumah akibat guyuran hujan deras selama satu jam. Derasnya hujan membuat saluran air yang berada di tengah pemukiman meluap, sehingga air masuk menggenangi rumah di sekitarnya.

"Yang terendam rumah warga di sekitar kali di RW 10," paparnya.

Baca juga:
Lalu Lintas Macet Gegara Bojonegoro Dikepung Banjir, Lewat Jalur Alternatif Ini

Menurutnya, ketinggian air yang masuk menggenangi rumah warga berkisar 10 sampai 30 sentimeter. Namun, air yang masuk biasanya tidak berlangsung lama.

"Biasanya langsung cepat surut," pungkasnya.