Pixel Code jatimnow.com

Muspimnas PMII 2022 di Tulungagung Ricuh

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Peserta Muspimnas PMII di Tulungagung saling lempar kursi (Foto: Tangkapan layar video viral)
Peserta Muspimnas PMII di Tulungagung saling lempar kursi (Foto: Tangkapan layar video viral)

jatimnow.com - Sebuah video berisi kericuhan saat pembukaan Musyawarah Pimpinam Nasional (Muspimnas) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) 2022 di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, viral di media sosial.

Dalam video tersebut sejumlah mahasiswa terlibat aksi saling melempar kursi. Kericuhan diketahui terjadi saat Wakil Menteri Agama, Zainud Tauhod Sa'adi membacakan sambutan.

Koordinator Panitia Lokal, Utri Suciati mengatakan, kericuhan yang terjadi Kamis (17/11/2022) sore itu dipicu adanya peserta diduga ilegal dari wilayah Indonesia Timur. Padahal sesuai aturan, seharusnya para peserta itu dilarang masuk area Muspimnas.

"Kericuhan itu memang ada beberapa peserta itu yang ilegal dari koordinator cabang yang wilayahnya di Indonesia Timur," ujar Utri saat dikonfirmasi, Jumat (18/11/2022)

Sementara Ketua OC Panitia Muspimnas, Muhammad Arifin mengungkapkan, pelaksanaan Muspimnas PMII secara teknis sudah berjalan dengan optimal. Akan tetapi, terdapat beberapa kendala teknis yang akhirnya bisa diselesaikan dengan baik.

Baca juga:
Gangster Sidoarjo, Ceburkan Diri ke Sungai Brantas, Polisi Belum Terima Laporan

"Sedikit momen kericuhan yang terjadi dalam pembukaan Muspimnas. Sebab ada oknum-oknum yang sejak awal memang sudah berniat untuk menggagalkan pelaksanaan Muspimnas PMII 2022," tuturnya.

Terlepas dari kejadian tersebut, lanjut Arifin, Muspimnas ini tetap berjalan sesuai dengan agenda. Acara dibuka Ketua Mabinas PB PMII, Muhaimin Iskandar dengan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid dan Ketua Umum PB PMII, sahabat M Abdullah Syukri.

Baca juga:
Muspimnas PMII di Tulungagung Ricuh Lagi, Puluhan Peserta Diamankan Polisi

Muspimnas PMII kali ini mengusung tema tema "Transformasi Organisasi, Membangun Peradaban Nusantara Baru". Beberapa hal yang akan dibahas yaitu perihal kaderisasi hingga organisasi. Rencananya sesuai jadwal, Muspimnas berlangsung dari 17 sampai 24 November 2022.

"Launching pembukaan Muspimnas berjalan dengan sangat meriah yang didukung oleh tampilan visual yang menarik. Dengan disaksikan oleh seluruh kader PMII yang hadir di UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung," pungkasnya.