Pixel Code jatimnow.com

Gandeng Perhepi Surabaya, UWKS Gelar Seminar Nasional Atasi Krisis Pangan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Seminar nasional di UWKS (Foto: Mas for jatimnow.com)
Seminar nasional di UWKS (Foto: Mas for jatimnow.com)

jatimnow.com - Magister Agribisnis dan Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) bekerja sama dengan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Komisariat Surabaya, menggelar seminar nasional.

Keduanya menggelar seminar nasional bertajuk "Strategi Mempertahankan Lahan Pertanian dalam Mengatasi Krisis Pangan" di kampus setempat, Selasa (22/11/2022).

"Tujuan acara ini merupakan media untuk menciptakan pola pikir yang objektif serta kesadaran untuk masyarakat luas terkait urgensi alih fungsi lahan pertanian," ujar Rektor UWKS, Prof. Dr. H. Widodo Ario Kentjono.

Widodo mengatakan, alih fungsi lahan pertanian yang tidak terkendali dapat mengancam kapasitas penyediaan pangan, hingga dalam jangka panjang dapat menciptakan krisis pangan.

"Isu alih fungsi lahan menjadi tantangan bagi eksistensi ketahanan pangan tidak hanya di Indonesia tetapi juga secara global," jelas dia.

Seminar ini merupakan media desiminasi hasil-hasil penelitian dari Prodi Agribisnis dan Magister Agribisnis Fakultas Pertanian UWKS dan universitas-universitas nasional lainnya.

"Seminar nasional ini menampilkan penyajian 20 makalah yang berasal dari beberapa universitas nasional di antaranya Universitas Brawijaya, Universitas Trunojoyo Madura, UPN Veteran Jatim, Universitas Mulawarman, dan Universitas Panca Marga Probolinggo," bebernya.

Baca juga:
Konser Keisya Levronka Tandai Peresmian Twin Tower UWKS

Di samping itu, Seminar Nasional ini mengundang seluruh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di Jawa Timur, PERHEPI Jawa Timur, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Jawa Timur.

Juga terdapat Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, serta dihadiri oleh rekanan Universitas Wijaya Putra Surabaya dan Universitas Islam Raden Rahmat Malang.

Ketua PERHEPI Komisariat Surabaya sekaligus Ketua Panitia Seminar Nasional tersebut, Dr. Ir. Markus Patiung berharap, diskusi dan seminar yang digelar ini dapat menemukan solusi alih fungsi lahan dan ancaman krisis pangan.

Baca juga:
Potret Ekspresi Peserta Khitan Massal Ceria Dalam Rangka Dies Natalis ke-41 UWKS

"Kita berharap kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap perubahan spesifik dari penggunaan lahan untuk pertanian kepemanfaatan bagi non-pertanian yang dikenal sebagai alih fungsi (konversi) lahan, yang semakin hari semakin meningkat," harap Markus yang juga dosen di FP-UWKS ini.

Diketahui, dalam seminar tersebut juga menghadirkan beberapa pemateri yang berkompeten dalam bidangnya seperti Ketua PERHEPI Pusat, Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin; Sekretaris Jenderal PERHEPI Pusat, Dr. Sujarwo.

Selain itu, ada pula Guru Besar Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UPN Veteran Jatim, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto; dan Ketua Prodi Magister Agribisnis FP–UWKS, Prof. Nugrahini S.W.