Pixel Code jatimnow.com

Kebakaran Pasar Kesamben Blitar Berhasil Dipadamkan, 5 Jam Petugas Jinakkan Api

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Bramanta Pamungkas
Petugas berusaha memadamkan api, kondisi pasar pasca-kebakaran.(Foto-foto: Damkar Blitar)
Petugas berusaha memadamkan api, kondisi pasar pasca-kebakaran.(Foto-foto: Damkar Blitar)

jatimnow.com - Ratusan lapak dan kios di Pasar Kesamben Blitar ludes dilahap si jago merah. Kebakaran yang terjadi kemarin malam sekitar pukul 20.00 WIB, berhasil dipadamkan dini hari tadi.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dari luar kota seperti Tulungagung, Kediri dan Malang dikerahkan untuk membantu proses pemadaman.

Belum diketahui pasti penyebab peristiwa kebakaran ini. Polisi masih menungggu tim Labfor Polda Jatim untuk melakukan olah TKP. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Petugas jugas masih melakukan pendataan untuk mengetahui total kerugian.

Kasi Penanggulangan Dan Investigasi Damkar Kabupaten Blitar Tedi Prasojo mengatakan kobaran api diketahui pertama kali dari bagian tengah pasar. Api cepat membesar karena banyak barang mudah terbakar di dalam pasar. Terlebih mayoritas kios dan lapak terbuat dari kayu sehingga kobaran api dengan mudah membesar.

Baca juga:
Pedagang Pasar Kesamben Ditemukan Gantung Diri, Depresi 11 Lapaknya Terbakar?

"Di sebelah pasar kebetulan ada sungai sehingga saat air dari tangki habis langsung kita ambil dari sungai dan kita semprotkan ke titik api," ujarnya, Senin (28/11/2022).

Setelah petugas berjibaku selama 5 jam, kobaran api berhasil dipadamkan. Petugas lalu melakukan pembasahan untuk memastikan api tidak muncul lagi.

Dari hasil pendataan total terdapat 260 unit lapak, 49 unit kios permanen dan 50 lapak swadaya yang terbakar dalam peristiwa ini.

Baca juga:
Pasar Kesamben Blitar Terbakar: 4 Jam Belum Padam, Ratusan Lapak Pedagang Hangus

"Tidak ada korban jiwa untuk nomimal kerugian masih kita hitung, " tuturnya.