Pixel Code jatimnow.com

Jamin Penerapan Sistem Demokrasi, Bupati Jombang Launching Sentra Gakkumdu

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat menghadiri acara launching Gakkumdu. (Foto: Humas Pemkab Jombang)
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat menghadiri acara launching Gakkumdu. (Foto: Humas Pemkab Jombang)

jatimnow.com - Dalam rangka menjamin penerapan sistem demokrasi pada penyelenggaraan Pemilu 2024, Bupati Jombang Hj Mundjidah melaunching sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), Kabupaten Jombang.

Kegiatan launching Gakkumdu Kabupaten Jombang ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Fatma Jombang, dan dihadiri Forkopimda, Sekdakab Jombang, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang, menyampaikan ucapan terima kasih pada Bawaslu Kabupaten Jombang yang telah mempersiapkan dan memfasilitasi kegiatan launching sentra Gakkumdu.

"Hal ini sesuai dengan mekanisme penegakan tindak pidana pemilu yang telah diatur Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, yakni melalui sentra Gakkumdu yang merupakan gabungan dari tiga institusi. Yakni, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepolisian dan Kejaksaan," ungkapnya, Rabu (14/12/2022).

Bupati menegaskan sistem keadilan Pemilu merupakan instrumen penting untuk menegakkan hukum dan menjamin sepenuhnya penerapan prinsip demokrasi yang menggambarkan bahwa kedaulatan benar-benar ditangan rakyat.

"Keadilan Pemilu yang didesain dengan baik, akan sangat menentukan hasil maupun kredibilitas proses Pemilu. Karena itu, proses Pemilu harus berjalan dengan bebas, jujur, adil yang pada gilirannya nanti akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi demokrasi di Indonesia," paparnya.

Baca juga:
Elf Rombongan Hajatan Terguling di Jombang, 13 Penumpang Terluka

Lebih lanjut ia menegaskan Gakkumdu memiliki peranan sangat penting untuk menentukan sukses atau tidaknya penyelenggaraan penegakan hukum selama berlangsungnya Pemilu.

"Begitu juga dalam proses penegakan hukum, seluruh anggota Gakkumdu harus mengedepankan rasa keadilan dan keseimbangan dalam menegakkan hukum pemilu agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga," terangnya.

Bupati mengingatkan, tugas sentra Gakkumdu tidak ringan. Apalagi, waktu penanganan perkara dan tahapan pemilu cukup singkat. Untuk itu, Sentra Gakkumdu Jombang bisa menunaikan tugasnya dengan baik.

"Saya sangat optimistis kehadiran sentra Gakkumdu akan sangat bermakna dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Sebab, penanganan tindak pidana Pemilu akan semakin efektif dan efisien. Serta bisa mengimplementasikan asas keadilan dalam pemilu sebagai salah satu syarat dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas," paparnya.

Baca juga:
Remas Payudara Siswi, Pria di Jombang Diamankan Polisi

Ia berharap agar SDM Gakkumdu beserta pirantinya, setelah launching ini, seluruh anggota Gakkumdu Kabupaten Jombang sudah siap bekerja.

"Perbanyak diskusi, coaching clinic, pelatihan maupun simulasi terkait penanganan tindak pidana pemilu. Dan seluruh anggota Sentra Gakkumdu harus dapat menjaga integritas, serta dapat bekerja sesuai harapan bersama, sehingga Pemilu 2024 berjalan dengan sukses, aman dan damai dan kondusif," pungkas Bupati.