Pixel Code jatimnow.com

Pelindo Terus Tingkatkan Layanan Kinerja Berbasis Survei Pelanggan

Editor : Rochman Arief
CEO PT Pelabuhan Indonesia Sub Regional Jawa, Onny Djayus
CEO PT Pelabuhan Indonesia Sub Regional Jawa, Onny Djayus

jatimnow.com – PT Pelabuhan Indonesia Sub Regional Jawa menggandeng PT Surveyor Indonesia melakukan jajak pendapat (survei) terhadap pengguna jasa di pelabuhan.

Tujuan diselenggarakannya survei ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Selain itu, juga untuk faktor yang bisa menaikkan kepuasan pelanggan, mengukur harapan dan persepsi pelanggan, dan mengukur ketertarikan pelanggan dalam mempromosikan pelayanan.

Pelindo berharap hasil survei pelanggan tahun ini bisa dijadikan pembanding dengan tahun sebelumnya, sekaligus strategi dan action plan perbaikan kinerja ke depannya.
Itu sebabnya Pelindo mengundang 74 pengguna saja untuk mengisi kuisioner sekaligus tatap muka di Ruang Rapat Bromo lantai V Kantor Pelindo Regional 3, pada Rabu (14/10/2022).

CEO PT Pelabuhan Indonesia Sub Regional Jawa, Onny Djayus menyampaikan bahwa survei ini merupakan yang pertama dilakukan secara offline setelah dua tahun dilakukan secara online akibat pandemi.

“Survey ini dilakukan agar para pengguna jasa dapat memberikan saran dan masukan terkait pelayanan manajemen Pelindo Pelabuhan Tanjung Perak, sehingga hasilnya nanti akan menjadi acuan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik ke depannya,” kata Onny dalam keterangan resminya.

Baca juga:
TPS Perkuat Layanan Berbasis Digital di Pelabuhan, Yuk Intip

Pengisian survey ini dilakukan dengan dua cara, yaitu pengisian secara offline mapupun online menggunakan link yang telah dibagikan.

“Kuisioner yang kami bagikan ini untuk mengukur sampai di mana kepuasaan layanan yang kami berikan, untuk dilakukan perbaikan. Kami juga menyediakan beberapa message box di beberapa tempat, untuk menyampaikan aspirasi,” imbuh Onny.

Baca juga:
Catat 8,6 Juta Jam Zero Accident, Pelindo Regional 3 Raih Penghargaan

Onny juga menjelaskan bahwa indeks kepuasan pelanggan sudah semakin meningkat dari tahun 2021 dibanding 2022.

“Pada tahun 2021, Indeks Kepuasan Pelanggan (IPK) mencapai 4,20. Ini termasuk dalam kategori sangat memuaskan. Sebelumnya IPK yang di kisaran 4,05 pada tahun 2020. Nah, IPK mencapai nilai 4,36 termasuk dalam kategori sangat loyal. Artinya Pelindo senantiasa telah melakukan beberapa perbaikan dalam hal kinerja pelayanan pelabuhan” jelas Onny.