Pixel Code jatimnow.com

Denny Caknan Meriahkan Puncak Hari Kesehatan Nasional di Kota Pasuruan

Editor : Rochman Arief Reporter : Moch Rois
Gus Ipul (kiri) membuka puncak rangkaian Hari Kesehatan Nasional yang dibarengi dengan konser Denny Caknan. (foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Gus Ipul (kiri) membuka puncak rangkaian Hari Kesehatan Nasional yang dibarengi dengan konser Denny Caknan. (foto: Humas Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Kesehatan menghadirkan artis penyanyi dangdut Denny Caknan, di Stadion Untung Suropati, Selasa (20/12/2022) malam kemarin.

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), ke-58 di Kota Pasuruan. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa tema HKN kali ini Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku.

Sedangkan Kota Pasuruan mengusung tema Resik Kotaku, Sehat Kota Pasuruanku.

“Dalam memperingati HKN ini, Dinas Kesehatan (Pemkot Pasuruan) sudah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti, tes IVA yang bekerja sama dengan TP PKK Kota Pasuruan. Kemudian deteksi dini penyakit TBC pada sejumlah pondok pesantren di Kota Pasuruan,” ujar Gus Ipul

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Pasuruan juga melaksanakan talk show penyintas peduli HIV/AIDS dan penyerahan bantuan kepada penderita.

Baca juga:
Pembangunan Payung Madinah Hampir Rampung, Ini Pesan Gus Ipul ke Masyarakat

“Di momen HKN ini beragam acara telah kami selenggarakan, mulai dari deteksi dini untuk tumbuh kembang balita bersama TP PKK Kota Pasuruan dan seminar diabetes melitus. Hari ini sebagai puncak HKN di Kota Pasuruan, kami juga menyelenggarakan berbagai acara, salah satunya gerakan serentak minum tablet tambah darah bagi siswa sekolah, sebagai upaya pencegahan stunting yang diikuti 1.000 siswa,” jelasnya.

Lebih lanjut, puncak rangkaian HKN ini juga melakukan penyerahan bantuan bagi balita stunting, penyerahan pengharagaan bidang kesehatan bagi tenaga kesehatan, kader kesehatan, puskesmas, dan kelurahan yang telah berdedikasi meningkatkan derajat kesehatan.

“Sebagai kampanye kepada masyarakat untuk hidup bersih, kami juga menyelenggaran lomba senam resik-resik,” imbuhnya.

Baca juga:
Cara Gus Ipul Tata PKL Alun-alun Kota Pasuruan: Ajak Dialog, Berikan Gerobak

Gus Ipul mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk membantu Pemerintah Kota Pasuruan dalam menjaga kebersihan

“Siap membantu Kota Pasuruan untuk mewujudkan Pasuruan Resik, nanti kita buktikan dengan selesai acara ini tidak ada sampah yang berserakan,” pungkasnya.