Pixel Code jatimnow.com

Inovasi Samsat 4.0 dan Eko-Tren Jatim Sabet Penghargaan IGA Award Kemendagri

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Khofifah saat menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian (Foto: Dok. Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Khofifah saat menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian (Foto: Dok. Humas Pemprov Jatim)

jatimnow.com - Jawa Timur menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 kategori provinsi terinovatif pertama dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui program Samsat 4.0 dan Eko-Tren.

Penghargaan diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Khofifah di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta pada Jumat (23/12/2022).

"Saya mengajak seluruh ASN Pemprov Jawa Timur untuk menjadikan apresiasi IGA Award ini sebagai pendorong bagi kita untuk terus berinovasi memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, serta percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat," ujar Khofifah.

Khofifah menambahkan, inovasi digital Samsat 4.0 merupakan transformasi digital dari ATM Samsat. Ini merupakan layanan pembayaran pajak digital dengan bukti bayar sekaligus pengesahan berbasis QR Code pertama di Indonesia.

Baca juga:
Warga Jatim! Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

"Alhamdulillah, kinerja luar biasa yang telah ditunjukkan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Jatim yang terus diiringi dengan inovasi pelayanan publik yang transformatif dengan perkembangan teknologi terkini," tambahnya.

ATM Samsat mengembangkan konsep self service dalam pembayaran pajak dengan menggunakan mesin anjungan khusus. Kini, melalui Samsat 4.0 inovasi itu dikembangkan lagi dengan menambahkan platform digital untuk pembayaran pajak, sehingga tidak membutuhkan mesin khusus lagi.

Baca juga:
Khofifah Dorong SIER Kembangkan Cold Storage, Perkuat Sektor Perikanan

"E-TBPKP dengan pengesahan menggunakan QR-Code ini secara nasional baru diterapkan di Jatim. Membayar pajak menjadi sangat efisien karena tidak perlu ke Samsat sama sekali. Pembayaran cukup lewat aplikasi, tanda buktinya langsung terbit tanpa perlu datang ke Kantor Samsat," beber dia.

Jawa Timur menerima penghargaan sebagai provinsi terinovatif bersama 6 provinsi lain, yaitu Jawa Tengah, Bali, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat.