Pixel Code jatimnow.com

Waspada! Cuaca Ekstrem Melanda Jawa Timur hingga Januari 2023

jatimnow.com - Curah hujan tinggi dan gelombang air laut pasang diprediksi terjadi di wilayah Provinsi Jawa Timur. Cuaca ekstrem ini mulai 26 Desember 2022 dan berpotensi meningkat di bulan Januari tahun 2023.

Fajar Setiawan, prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim, Tanjung Perak Surabaya mengatakan, bahwa hal ini disebabkan sejumlah faktor seperti menguatnya angin Monsun Asia.

"Hampir seluruh wilayah di Jawa Timur berpotensi hujan sedang-lebat, hal ini disebabkan menguatnya angin Monsun Asia," kata Fajar kepada jatimnow.com, Senin (26/12/2022).

Selain itu, lanjut Fajar, dinamika atmosfer pusat yang bertekanan rendah di Samudra Hindia Selatan Jawa juga memicu pembentukan awan hujan serta kecepatan angin.

Baca juga:
Kapal Pesiar Gagal Sandar di Sumenep, Cuaca Kurang Bersahabat

"Terbentuknya awan hujan yang relatif singkat dan meningkatnya kecepatan angin, inilah yang nantinya berakibat pada tingginya gelombang air laut," ungkapnya.

Menurut Fajar, saat ini ketinggian gelombang laut di Laut Jawa dan Selatan Jawa cukup tinggi, yakni berkisar lebih 2,5 meter. Diprediksi akan berlangsung meningkat hingga kurun satu minggu kedepan.

Baca juga:
Waspada! Jawa Timur Masih Rawan Bencana Hidrometeorologi, Ini Penyebabnya

"Apalagi nanti, intensitas hujan di bulan Januari 2023 diprediksi akan meningkat, karena ini menjadi puncak musim hujannya," pungkas Fajar.

Pisau Dapur Hilang, Nyawa Istri Melayang
News

Pisau Dapur Hilang, Nyawa Istri Melayang

jatimnow.com - Seorang wanita bernama Parsi (52) ditemukan tewas bersimbah darah di kamar rumah kontrakannya Jalan Simo Gunung Barat Tol Gang 2A,