Pixel Code jatimnow.com

Jelang Tahun Baru, Okupansi di Kota Batu 90 Persen, Didominasi Surabaya Raya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
ilustrasi
ilustrasi

jatimnow.com - Jelang libur tahun baru 2023 sejumlah hotel di Kota Wisata Batu mulai kebanjiran reservasi lebih dari 80 persen. Keterisian kamar sejumlah hotel rata-rata mencapai 50 persen pada hari biasa dan 90 persen ketika akhir pekan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi membenarkan hal tersebut. Rata-rata ketika hari biasa keterisian 40-50 persen di akhir pekan, sekarang bisa mencapai 90 persen.

"Mudah-mudahan puncaknya mulai libur sekolah sampai awal bulan Januari nanti bisa penuh. Wisatawan yang mendominasi yaitu dari Surabaya Raya hingga Jakarta. Paling banyak Surabaya," ujarnya, Rabu (28/12/2022).

Dengan kondisi tersebut, beberapa hotel di Kota Batu hanya menyisakan beberapa kamar.

"Masih bisa pesan tapi tidak banyak lah, tiga sampai lima rooms masih ada, ya harganya lumayan," ujar Sujud.

Baca juga:
Cinta Ditolak Lalu Ancam Wanita Pujaan, Mahasiswa asal Lamongan Dibui 2 Tahun

Adapun harga sewa kamar saat ini mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Misal di Hotel Selecta tempatnya terjadi kenaikan harga sekitar 50 persen.

"Ada peningkatan tapi tergantung dari kebijakan masing-masing hotel, ada yang 50 persen, ada yang sampai 200 persen. Naiknya harga juga tidak banyak sekitar 50 persen, sekitar Rp800.000 sampai Rp1 juta per malam, dari sebelumnya hari biasa sekitar Rp500 ribu sampai Rp700 ribu," terangnya.

Baca juga:
Wujudkan Kota Batu Bebas Sampah, Petugas Kebersihan Diberi Bonus Umrah

Sujud juga menyampaikan, kegiatan operasional hotel saat Nataru sudah bisa berjalan 100 persen. Untuk menarik pengunjung, hotel-hotel di Kota Batu juga menawarkan harga sewa kamar dengan paket khusus saat momen Nataru.

"Paketan malam tahun baru biasanya ada tanggal 30 dan 31 (dua hari satu malam), dengan makan malam, yang biasanya hanya breakfast (sarapan) saja," tutupnya.