Pixel Code jatimnow.com

Ribuan Ikan di Telaga Ngebel Ponorogo Mendadak Mati

Editor : Zaki Zubaidi
Ribuan ikan yang mati di Telaga Ngebel. (Foto: Fauzi Ahmad/jatimnow.com)
Ribuan ikan yang mati di Telaga Ngebel. (Foto: Fauzi Ahmad/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ribuan ikan di keramba Telaga Ngebel, Ponorogo tiba-tiba mati, Senin (2/1/2023). Petani ikan menduka penyebabnya adalah belerang.

Petani setempat kalang kabut. Pasalnya setiap tahun kejadian ini bisa diantisipasi sebelumnya. Karena terjadi pada pertengahan tahun, kisaran Agustus atau September. Namun kali ini terjadi awal tahun.

Padahal, awal tahun para petani menyiapkan lebih banyak ikan di kerambanya. Karena seperti diketahui, banyak wisatawan datang ke Telaga Ngebel untuk berlibur dan makan ikan bakar.

"Kaget sih barusan di tahun baru. Ini mati karena kena belerang. Meletus begitu belerangnya," ujar salah satu petani ikan di Telaha Ngebel, Yusdianto, Senin (2/1/2023).

Baca juga:
Ikan Tepapar Belerang Bisa Dikonsumsi, Asalkan...

Dia menyebut, bahwa ikan yang di keramba miliknya adalah ikan nila siap konsumsi. Satu ikan berukuran 500 gram hingga 1 kilogram.

Menurutnya, karena mendadak dan tidak sesuai prediksi, kemungkinan para petani merugi jutaan rupiah. Pasalnya yang mati adalah ikan siap konsumsi.

Baca juga:
Belerang Penyebab Ribuan Ikan Mati di Telaga Ngebel Berasal dari 2 Kemungkinan

“Ya kalau ndak bisa diselamatkan gini tidak bisa dikonsumsi. Ya diambil lalu dikubur. Yang bisa diselamatkan ya kami ambil dan konsumsi,” pungkasnya.

Reporter: Fauzy Ahmad