Pixel Code jatimnow.com

Cara Mudah Urus KTP Digital dan Keunggulannya

Jendela aplikasi Identitas Kependudukan Digital atau KTP Digital (foto: Rama Indra/jatimnow.com)
Jendela aplikasi Identitas Kependudukan Digital atau KTP Digital (foto: Rama Indra/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemohon baru KTP di wilayah Kota Surabaya diimbau beralih ke versi digital atau KTP Digital. Imbauan ini menyusul informasi bahwa blangko KTP elektronik (KTP-el) saat ini tengah kosong.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan bahwa blangko KTP elektronik (KTP-el) belum tersedia. Sebagai alternatifnya adanya, mengalihkan ke KTP Digital untuk sementara waktu.

"Kebutuhan warga terkait identitas kependudukan dialihkan menggunakan KTP Digital, yang memiliki fungsi sama sebagaimana KTP-el," kata Agus Imam Sonhaji, saat dikonfirmasi Jumat (6/1/2023) lalu.

Agus Imam Sonhaji menegaskan cara mengurus atau membuat KTP Digital cukup mudah. Ia memberi panduan sebagaimana berikut.

Pertama, lengkapi syarat pemberkasan dengan membawa identitas diri berupa fotocopy Kartu Keluarga (KK) ke kelurahan sesuai tempat tinggal.

Kedua, lakukan perekaman KTP di kantor kelurahan atau di kecamatan tempat Anda tinggal.

Ketiga, warga wajib memiliki smartphone berbasis android maupun iOS, untuk menginstall aplikasi Identitas Kependudukan Digital di smartphone.

Keempat, aktivasi data diri ke dalam aplikasi, berupa input NIK, email atau surat elektronik (surel), nomor HP, swafoto, dan terakhir scan QR kode (QR kode didapatkan di 31 kantor kecamatan di Surabaya).

Lima cara tersebut nantinya membimbing Anda mendapatkan KTP digital.

Dispendukcapil Surabaya menegaskan bahwa memiliki KTP versi digital, warga mendapat kelebihan dibandingkan dengan KTP biasa.

"Yang jelas, KTP Digital ini lebih praktis, karena satu akses dan menyambung ke berbagai fitur," jelasnya.

Keunggulan yang dapat dirasakan ketika menggunakan KTP Digital di antaranya:

Pertama, praktis karena menyatu dengan ponsel atau smartphone. Kedua, sistem keamanan lebih baik dan mencegah penyalahgunaan melalui autentikasi.

Ketiga, tanpa ada kesulitan mencetak identitas, dan dapat lebih mudah memantau informasi data pelayanan.

Hal terpenting, lanjut Agus Imam, keunggulan tersebut juga direkomendasikan dan bisa dirasakan pemilik KTP elektronik. Caranya dengan menginstal, serta memverifikasi NIK ke dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

"Pemilik KTP elektronik bisa melakukan aktivasi NIK, agar terhubung ke Identitas Kependudukan Digital," pungkasnya.

Baca juga:
KTP Elektronik akan Digantikan KTP Digital? Cek Faktanya

Persik Kalah, Pelatih Pasrah
News

Persik Kalah, Pelatih Pasrah

jatimnow.com - Persik Kediri kembali menelan kekalahan di kandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023, Pekan 22, Sabtu (4/2/2023) sore. Tim Macan Putih