Pixel Code jatimnow.com

Dekatkan Pelayanan ke Warga Trenggalek, Mas Ipin Ajak OPD Makaryo Neng Deso

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin saat bertemu langsung dengan masyarakat. (Foto-foto: Prokopim Trenggalek for jatimnow.com)
Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin saat bertemu langsung dengan masyarakat. (Foto-foto: Prokopim Trenggalek for jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengajak jajarannya bekerja di desa agar bisa mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Melalui program "Makaryo Neng Deso", diharapkan semua OPD bisa mengenali dan menginventarisasi langsung kebutuhan masyarakat secara riil di lapangan. Dengan begitu struktur anggaran yang disusun benar-benar berbasis masyarakat karena pemerintah daerah turun langsung ke lapangan, mendengar keluh kesah mereka.

"Mulai tahun 2023 ini, setiap Hari Rabu kita canangkan menjadi kegiatan "Makaryo Neng Desa" (bekerja di desa). Seluruh OPD memang kita minta turun semuanya untuk menginventarisir masalah dan menyelesaikan masalah on the spot di situ," ucap Mas Ipin, sapaan akrab Bupati Trenggelek, Rabu (11/1/2023).

"Salah satunya ini tadi di sisi pertanian. Ada keluhan hama dan kita lakukan penyemprotan. Kemudian mereka membutuhkan air dan sebagainya, sehingga ini langsung terpotret," lanjut bupati muda ini.

Baca juga:
Bupati Trenggalek Jenguk Bocah Korban Peluru Nyasar

Dengan program ini, kata Mas Ipin, seluruh OPD saat ini hampir tidak ada yang di kantor. Sekitar 40 persen akan memberikan pelayanan di lapangan.

Baca juga:
Novita Terima Endorse Gratis Demi Kemajuan UMKM di Trenggalek

"Kemudian setiap Jumat-nya akan kita inventaris, biasanya di coffee morning dibahas mana saja yang bisa ditangani cepat, mana yang harus menggunakan anggaran," tegas Mas Ipin.

"Kemudian mana yang sudah ada anggarannya dan mana yang belum teranggarkan. Ini yang akan diinventarisir sehingga struktur anggaran kita kedepan sudah benar-benar berbasis kebutuhan masyarakat karena kita langsung melakukan tinjauan di lapangan," tandasnya.