Pixel Code jatimnow.com

Emil Dardak Bicara Peluang 3 PSN kepada Mahasiswa di Kediri

Editor : Rochman Arief Reporter : Yanuar Dedy
Prosesi wisuda Universitas Kadiri. (foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Prosesi wisuda Universitas Kadiri. (foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak berbicara peluang hadirnya tiga Proyek Strategis Nsional (PSN) kepada mahasiswa di Universitas Kadiri, Sabtu (14/1/2023).

Seperti diketahui ada tiga PSN di Kediri dan sekitarnya yang saat ini tengah berproses. Pertama pembangunan Bandara Kediri, ada juga jalan tol Kediri-Ketosono-Kediri hingga ke Tulungagung dan pembangunan kawasan Selingkar Wilis.

Menurut Emil ada potensi yang besar di wilayah Mataraman Timur atau Karesidenan Kediri ini untuk bisa dimanfaatkan oleh khususnya para mahasiswa.

"Saya senang, warga di wilayah Plat AG (Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Kediri), saya sering menyebut ini sebagai mataraman wilayah Timur. Ini adalah wilayah yang memiliki potensi besar untuk tumbuh seiring dengan beberapa perkembangan strategis yang terjadi saat ini," kata Emil kepada 1.459 wisudawan Universitas Kadiri melalui sambungan video.

Lanjut Emil Dardak, inisiatif dari pemerintah tidak akan bisa efektif, kalau tidak ditopang masyarakat yang punya jiwa inovasi, kewirausahaan dalam menangkap peluang-peluang yang akan muncul ke depannya.

"Covid-19 selama dua tahun telah mendorong transformasi yang amat siginifkan, terutama transformasi digital dan ini menjadi peluang bagi wilayah yang tidak berada di kawasan metropolis untuk bisa ikut serta di dalam dunia perekonomian, termasuk ekonomi kreatif," terang Emil.

Masih kata Emil, ada produk yang sepenuhnya digital, misalnya karya mutimedia, desain grafis dan konten-konten yang 100 persen dikonsumsi konsumen melalui platform digital.

Baca juga:
Pj Wali Kota Batu Dilantik, Khofifah Ingin yang Ini

Tetapi, ada juga produk konvensional dengan transaksi digital, yakni menggunakan pembayaran sifatnya online dan barangnya dikirim melalui jasa kurir. Dua peluang ini yang diprediksi akan tumbuh besar ke depannya.

"Ini memberi kesempatan bagi putra-putri terbaik di berbagai belahan Indonesia, termasuk wilayah Mataraman Timur termasuk di Kediri dan sekitarnya, untuk tidak perlu hijrah atau bermigrasi ke Surabaya atau ke Jakarta, kalau hanya untuk mencari peluang. Karena peluangnya bisa dicari melalui internet," pesan Emil.

Untuk diketahui hari ini, Kampus Universitas Kadiri menggelar wisuda ahli madya, sarjana terapan, sarjana, profesi dan magister ke-54 tahun akademik 2021/2022 (genap).

Baca juga:
Aptrindo Optimistis Ekonomi Jatim 2023 Tumbuh Positif

Jumlah lulusan periode ini sebanyak 1.459 orang yang terdiri dari Fakultas Hukum sebanyak 318 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 86 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan sebanyak 714 orang.

"Kami berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati dalam mengenyam pendidikan tidak berhenti pada jenjang pendidikan Diploma, Sarjana Strata 1 atau Strata II saja, melainkan terus ditingkatkan ke jenjang yang lebih tinggi," pesan Rektor Universitas Kadiri Ir. Djoko Rahardjo.