Pixel Code jatimnow.com

Survei LSJ: 40,6 Persen Pendukung Jokowi Migrasi ke Prabowo di Pilpres 2024

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Prabowo Subianto saat mendaftarkan partainya ke KPU RI (dok jatimnow.com)
Prabowo Subianto saat mendaftarkan partainya ke KPU RI (dok jatimnow.com)

jatimnow.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mulai mendapat partisipasi publik terkait pencalonannya sebagai calon presiden 2024. Hal itu terungkap dari rilis Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada bulan Januari ini.

"Sebanyak 40,6 persen pemilih Jokowi di Pilpres 2019 mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan hari ini," kata peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto, Rabu (18/1/2023).

Meski Prabowo bukan menjadi Capres tunggal yang mendapatkan migrasi dukungan tersebut. Sebagian pemilih Jokowi di 2019 juga mengaku akan memilih Ganjar Pranowo jika benar dicalonkan sebagai Capres di 2024 mendatang.

"Sebanyak 40,5 persen menyatakan dukungannya pada Ganjar," ujarnya.

Baca juga:
Prabowo Masih Jawara di Jabar, Jatim Terdongkrak Khofifah Effect

Selain itu, nama Anies Baswedan yang digadang-gadang maju sebagai Capres juga mendapatkan migrasi dukungan dari pemilih Jokowi. Hanya saja, persentasenya tak sebesar Prabowo dan Ganjar Pranowo.

"15,6 persen memilih Anies dan sisanya (3,3 persen) belum dapat menentukan pilihan," pungkasnya.

Baca juga:
Elektabilitas PDI Perjuangan Tertinggi di Surabaya, Ketua Bamusi: Nafas Rakyat

Fetra menjelaskan, survei LSJ ini dilaksanakan pada tanggal 5-14 Januari 2023 di 34 Provinsi di Indonesia. Survei sendiri dilakukan dengan wawancara tatap muka.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multistage random sampling). Adapun, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,81 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.