Pixel Code jatimnow.com

Mas Dhito Kunjungi Warga Terdampak Kerusuhan di Ngadiluwih

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito saat menemui warga di Ngadiluwih (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mas Dhito saat menemui warga di Ngadiluwih (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) mengunjungi warga terdampak kerusuhan Ngadiluwih, Jumat (20/1/2023).

Bersama Forkopimda, Mas Dhito menegaskan bahwa keamanan dan keselamatan masyarakat adalah tanggung jawab mereka.

Hal ini disampaikan Mas Dhito saat mendengarkan cerita langsung dari warga RT 04 RW 2 Desa Wonorejo, Kecamatan Ngadiluwih yang terdampak kerusuhan akibat konflik antar perguruan silat pada Kamis (5/1/2023) lalu.

"Keamanan dan keselamatan bapak ibu semua ada dalam tanggung jawab kami-kami ini yang ada di Forkopimda," tegas Mas Dhito.

Menurut Mas Dhito, tinjauan yang dilakukannya bersama Forkopimda Kabupaten Kediri ini sekaligus untuk memetakan penyebab dan solusi dari kejadian tersebut.

Selain berdialog, dia juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai untuk warga yang terdampak. Di samping kerugian material, warga di kawasan itu juga mengalami trauma.

"Masih ada warga yang trauma, kita lakukan trauma healing. Bahkan tadi ada ibu-ibu jika mendengar suara motor digas masih trauma sampai sekarang," tutur Mas Dhito.

Mas Dhito kembali menegaskan jika nantinya ditemukan oknum-oknum membuat anarkis di Kabupaten Kediri, maka pihaknya bersama Forkopimda tidak akan memberikan toleransi.

Baca juga:
Mas Dhito Siapkan Learning Center, Serap Tenaga Kerja Lokal untuk Bandara Kediri

"Ke depannya, tidak ada toleransi bagi oknum yang melakukan tindakan anarkis di Kabupaten Kediri," tegas dia.

Sementara dari data Dinas Sosial Kabupaten Kediri, warga yang mengalami kerusakan material kategori berat sebanyak 9 orang. Dari data itu, kerusakan dialami oleh pedagang. Di mana pedagang ini masing-masing mendapatkan subsidi sebesar Rp2 juta.

"Untuk motor yang dibakar dan rusak parah ini mendapatkan bantuan (subsidi) Rp5 juta," sambung Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Dyah Saktiana.

Dyah menambahkan, jumlah kerusakan material yang ditimbulkan ini jauh lebih banyak. Dia menuturkan subsidi bagi kerusakan kategori ringan telah ditangani oleh pihak desa.

Baca juga:
Pemkab Kediri Anggarkan Hibah Rp4 Miliar untuk Percepat PTSL

Di samping itu, Mas Dhito juga memberikan sembako bagi warga di RT tersebut.

"Untuk (bantuan) sembako, satu RT ini sudah dicukupi oleh Mas Bupati (Mas Dhito). InsyaAllah bantuan sembako yang diberikan cukup untuk satu bulan," kata Dyah.