Pixel Code jatimnow.com

Dandan Mie, Menu Masakan yang Cocok untuk Rayakan Imlek Bersama Keluarga

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Chef Ryan Yeremia saat membuat menu Dandan Mie (Foto: Ottimo for jatimnow.com)
Chef Ryan Yeremia saat membuat menu Dandan Mie (Foto: Ottimo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Momen Tahun Baru Imlek 2023 menjadi hari yang spesial untuk berkumpul dengan keluarga sembari menikmati hidangan.

Untuk menambah hangatnya suasana bersama keluarga, Anda dapat membuat masakan khas Imlek yang bisa dimasak sendiri di rumah, salah satunya menu Dandan Mie.

Chef Ryan Yeremia dari Ottimmo Internasional School memberikan resep serta tahapan memasak Dandan Mie yang bisa dilakukan di rumah.

Pertama yang harus dibuat adalah chili oil. Untuk membuatnya Ryan mengungkapkan, siapkan chili oil, kayu manis dan minyak goreng.

"Langkah pertama panas minyak dengan api kecil, saat minyak sudah mulai panas masukan kayu manis sampai aromanya tercium, baru matikan api," ujar Ryan, Minggu (22/1/2023).

Setelahnya, masukan minyak panas tersebut dalam wadah yang berisikan chili oil.

"Untuk membuat chili oil hanya perlu menuangkan minyak panas tidak. Chili oil ini akan digunakan untuk bumbu mie nantinya," sambung Ryan.

Tahap selanjutnya adalah merebus mie. Pemilihan mie bisa mengunakan mie basah atau kering tergantung selera.

"Di sini saya mengunakan mie basah, tapi menggunakan mie kering juga bisa. Kalau untuk mie basah cukup dimasak satu hingga dua menit saja," ungkapnya.

Dia pun memberikan tips, saat merebua mie harus dalam keadaan mie tidak mengumpal, agar matang merata dan tidak lengket. Setelahnya, bisa dimasukan sayur sesuai selera seperti sawi dan lainnya.

Langkah ketiga adalah membuat bumbu Dandan Mie. Yang diperlukan adalah chili oil yang tadi sudah dimasak, kecap asin, cuka hitam, saus tiram dan cincangan bawah putih halus.

"Masukan semuanya sesuai takaran yakni, setengah hingga satu sendok makan. Kecuali cuka hitam cukup sedikit saja, masukan dalam satu wadah," beber dia.

Tingkat penggunaan chili oil juga bisa disesuaikan. Bila suka pedas dapat menambahkan lebih banyak.

"Setelahnya semua bumbu masuk, kemudian bisa diaduk dan dikoreksi rasa, bila ada rasa yang dirasa kurang bisa ditambahkan sesuai selera," ungkap dia.

Setelah bumbu sudah siap, mie yang sudah matang bisa dicampurkan dalam bumbu. Untuk menambah kenikmatan Dandan Mie bisa juga diberikan topping chiken karage atau nuget yang ada di rumah.

"Dandan mie sudah siap dinikmati sebagai hidangan Imlek Keluarga," katanya.

Ryan menambahkan, hidangan mie dalam Imlek dipercaya sebagai lambang panjang umur.

"Waktu dimakan, mienya nggak boleh putus, jadi sekali suap langsung mie dari ujung sampai ujungnya tanpa terputus," pungkasnya.