Pixel Codejatimnow.com

DK3 Jatim Bangun Kesadaran dan Implementasi K3

Editor : Redaksi  
DK3 memandang aktivitas kerja perlu memerhatikan kesehatan fisik dan psikis guna mengurangi risiko kerja. (foto: PLN Power for jatimnow.com)
DK3 memandang aktivitas kerja perlu memerhatikan kesehatan fisik dan psikis guna mengurangi risiko kerja. (foto: PLN Power for jatimnow.com)

jatimnow.com - Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja untuk memberikan perlindungan kepada pekerja atas semua kondisi. Implementasi ini tidak hanya ditujukan pada pekerja, tetapi juga orang lain yang berada di lingkungan kerja.

Wakil Ketua Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (DK3) Jawa Timur, Edi Priyanto, mengatakan bahwa penerapan K3 tidak hanya merujuk pada kondisi umum fisik saja. Melainkan terhadap kondisi mental, emosional, dan psikologi para pekerja.

“Kesehatan mental yang buruk, termasuk stress dan tekanan di tempat kerja memicu timbulnya berbagai penyakit fisik. Misalnya hipertensi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular lainnya,” kata Edi dalam keterangan tertulis, Rabu (1/2/2023).

Ia menambahkan kesehatan mental yang buruk menyebabkan terjadinya kelelahan pada pekerja. Akibatnya berpengaruh pada kemampuan menjalani aktivitas personal maupun komunal (pekerjaan).

Stres dan tekanan kerja akibat pekerjaan bisa menjadi penyebab kondisi kesehatan kerja yang kurang baik, produktivitas dan kinerja akan terus menurun. Akibatnya timbul kesalahan (unsafe action).

Baca juga:
SPTP Terima Penghargaan Gubernur Jatim

Praktisi SDM ini menambahkan, perusahaan juga ikut terdampak. Misalnya meningkatnya kejadian ketidakhadiran kerja karena sakit, meningkatnya frekuensi pergantian pekerja, turunnya kinerja dan produktifitas, serta berdampak pada terjadinya peningkatan kecelakaan karena kesalahan manusia.

“Permasalahan kesehatan mental seperti stres dan tekanan akibat kerja berdampak langsung pada penyakit yang sedang diderita pekerja atau punya penyakit bawaan. Efek psikologis menimbulkan kecemasan, depresi dan kehilangan konsentrasi,” tegasnya.

Baca juga:
Pentingnya Implementasi Budaya K3 di Era Digital

Melihat tren atas kejadian kesehatan mental di tempat kerja DK3 Jawa Timur berencana membahas dengan para ahli dalam rangka menyambut Bulan K3.

"Akan kami bahas pada webinar, akhir pekan ini tentang Membangun Kesadaran Kesehatan Mental di Lingkungan Tempat Kerja," tegas pegiat lingkungan ini.