Pixel Codejatimnow.com

47 Prodi Disediakan UINSA Bagi 3000 Kuota Calon Mahasiswa Tahun 2023

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Farizal Tito
Kampus A UINSA di Jalan Ahmad Yani, Surabaya (Foto: UINSA)
Kampus A UINSA di Jalan Ahmad Yani, Surabaya (Foto: UINSA)

jatimnow.com - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menetapkan kuota 3.000 kursi pada penerimaan mahasiswa baru Tahun 2023 pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SMPTKIN).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir menyebut bahwa SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik.

Kuota baru strata 1 (S1) itu dibagi dalam tiga skema seleksi penerimaan pada tahun akademik 2023/2024 ini. Yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk (UM-PTKIN) dan Mandiri.

Sedangkan peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pondok pesantren yang akan lulus pada Tahun 2023.

Prof Ali mengatakan, ada 47 prodi yang bisa dipilih siswa. Rinciannya adalah 25 Prodi Keagamaan dengan sistem seleksi melalui jalur SPAN dan UM PTKIN. Kemudian 22 Prodi Umum dengan sistem seleksi melalui jalur SNPMB dan UTBK.

Baca juga:
Mahasiswi UINSA Surabaya Tewas Dijambret saat Pulang Kerja, Dikenal Aktif Berorganisasi

Untuk jalur SPAN UM PTKIN, sebanyak 5 prodi dengan keketatan penerimaan, yaitu Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Manajemen Islam.

Sementara 5 besar prodi dengan tingkat keketatan tertinggi pada jalur SNPMB dan UTBK adalah Manajemen, Psikologi, Pendidikan IPA, Sistem Informasi dan Ilmu Komunikasi.

Tahapan SPAN diawali dengan pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren pada tanggal 17 Januari-13 Februari 2023, dan dilanjutkan dengan pendaftaran siswa pada tanggal 16 Februari-4 Maret 2023.

Baca juga:
Mahasiswi UINSA Tewas usai Dijambret di Jalan Arjuna Surabaya

"Hasil seleksi akan diumumkan pada 3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online dan tidak dikenakan biaya," jelas dia, Rabu (31/1/2023).

Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan Tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya.