Pixel Codejatimnow.com

ABB dan BIMA Sepakat Perbaiki Kinerja Sektor Pelabuhan

Editor : Rochman Arief  Reporter : Rama Indra S.P
Direktur Utama PT. BIMA Andriyuda Siahaan (dua dari kanan) dan Vice President, Head of Motion Business Area PT ABB, Chen Kang Tan (dua dari kanan). (foto-foto: Rama Indra Surya/jatimnow.com)
Direktur Utama PT. BIMA Andriyuda Siahaan (dua dari kanan) dan Vice President, Head of Motion Business Area PT ABB, Chen Kang Tan (dua dari kanan). (foto-foto: Rama Indra Surya/jatimnow.com)

jatimnow.com - PT ABB Sakti Industri (ABB Indonesia) menggandeng PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA) dalam hal layanan jasa kepelabuhanan. Dalam kesepakatan itu disebutkan pihak ABB Indonesia, selaku perusahaan penyedia drives, motor, produk generator, dan powertrain digital terintegrasi, menopang peningkatan produktivitas dan efisiensi PT BIMA.

Kesepakatan itu tertuang dalam penanandatanganan MoU di Hotel Shangri-La, Surabaya Senin (13/2/2023). Di mana hadir President Director dan Country Holding Officer PT ABB, Gerard Chan dan Direktur Utama PT BIMA Andriyuda Siahaan, melakukan penandatanganan kerja sama.

PT BIMA, merupakan anak perusahaan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia dan bagian dari Group PT Pelabuhan Indonesia, bertanggung jawab menyediakan peralatan dan suku cadang layanan serta pemeliharaan di pelabuhan.

Gerard Chan mengatakan bahwa pelabuhan di Indonesia sedang dalam transisi digitalisasi, sekaligus menopang kinerja PT BIMA.

"Melalui kolaborasi ini, kami dapat mengidentifikasi peluang meningkatkan adopsi digital. Akan tetapi, lebih penting meningkatkan ketangguhan dan kinerja operasional PT. BIMA secara keseluruhan," kata Gerard Chan, setelah melakukan penandatanganan.

Chan menambahkab, bahwa dukungan seluruh ahli ABB, di antaranya melalui program operasi otonom, solusi digital, serta layanan lanjutan, dan terprogram dalam pelatihan dan pengembangan kapasitas SDM.

Baca juga:
Kini Pecah KK di Surabaya Harus Pisah Rumah, Benarkah?

"Program ini sangat penting untuk mencapai standar baru di sektor pelabuhan, melalui SDM yang mumpuni dan kompatibel. Meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu tunggu, serta efisiensi biaya logistik," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. BIMA Andriyuda Siahaan menyampaikan, upaya kerja sama ini demi memperkuat operasi logistik pelabuhan di Indonesia.

"Diperuntukkan untuk kepentingan pelabuhan di Indonesia, serta didukung berkontribusi guna memperlancar arus logistik nasional," ungkap Andriyuda.

Baca juga:
MUFG Dukung Danamon dan Adira Finance Beri Promo Menarik di IIMS Surabaya

Sehingga terapannya harus melalui usaha dan inovasi, terus menerus mengembangkan bisnis model yang tepat, responsif, dan terdepan.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Head of Motion Business Area PT ABB, Chen Kang Tan berharap ke depannya kedua belah pihak mampu saling memberi added value.

"Kami yakin ABB dapat memberikan nilai yang besar bagi BIMA, melalui kerja sama strategis ini. Kami berharap yang terbaik dapat membangun kinerja manajemen pelabuhan yang prima di Indonesia," pungkasnya.