Pixel Codejatimnow.com

Survei PRC: PKB Makin Perkasa di Lamongan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Diagram persentase parpol dan peta politik di Kabupaten Lamongan hadil survei PRC. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Diagram persentase parpol dan peta politik di Kabupaten Lamongan hadil survei PRC. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Dominasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam kontestasi politik di Lamongan rupanya cukup kuat. Bahkan diprediksi mampu mendulang tambahan kursi legislatif di Kota Soto.

Kepastian itu disampaikan melalui data akurat survei yang dilakukan Political Research Center (PRC) Indonesia pada bulan Februari ini.

Dari hasil tersebut, PKB merajai dengan jarak yang cukup signifikan dengan parpol unggulan lain seperti PDI Perjuangan dan PAN maupun Demokrat hingga Golkar.

"Ini bisa menjadi gambaran dimana jika Pemilu Legislatif diadakan bulan ini, maka PKB masih menjadi partai yang unggul di Kabupaten Lamongan," papar Direktur Riset PRC, M. Firdaus, Senin (20/2/2023).

PKB punya potensi besar untuk menambah 3 kursi, yakni dari yang sebelumnya 10 kursi menjadi 13 kursi. Begitupun juga dengan PDI Perjuangan yang punya potensi menambah 1 kursi lagi, dari 8 menjadi 9 kursi.

Baca juga:
Jalani UKK di DPP PKB, Syahrul Munir Optimis Kunci Rekom Pilbup Gresik 2024

"Sedangkan dari survei itu, PAN berpotensi akan kehilangan 1 kursi. Demokrat hilang 1 kursi, Gerindra tambah 1 kursi, PPP hilang 1 kursi, Perindo tambah 1 kursi. Kemudian Nasdem dan Golkar tetap pada kursi perolehan di Pemilu 2019 lalu," imbuhnya.

Sebagai informasi, pengambilan data survei itu dilaksanakan PRC dengan melibatkan 2.189 responden dan margin of error 2,8 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan survei yang dilakukan PRC, Firdaus menegaskan bahwa elektabilitas PKB di bulan Februari tahun 2023 ini mencapai 27,8 persen. Lalu di peringkat kedua, disusul oleh PDI Perjuangan dengan angka elektabilitas 18,2 persen.

Baca juga:
Anna Mu'awanah Kantongi Rekom DPP PKB jadi Bacabup Bojonegoro

Disusul peringkat ketiga yakni PAN dengan 15,1 persen, lalu Partai Golkar 13,9 persen, Demokrat 11,3 persen, Gerindra 9,1 persen, PPP 5,5 persen, Perindo 3,3 persen, Nasdem 2,8 persen, Hanura 1,7 persen dan PKS 0,8 persen. Dari survei itu, ada 9,5 persen yang tidak menjawab.