Pixel Code jatimnow.com

APS Tempat Berlatih Pencak Silat Prestasi di Kota Batu

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Achmad Titan
Para murid berlatih di APS. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Para murid berlatih di APS. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Akademi Pencak Silat (APS) merupakan tempat latihan pencak silat berbasis prestasi di Kota Batu, yang telah memulai latihan perdananya pada Desember 2022 lalu.

Instruktur di APS merupakan pelatih profesional di bidang olahraga prestasi pencak silat. Itu merupakan bentuk komitmen untuk membentuk atlet berprestasi yang handal dengan tetap memegang teguh sikap dan perilaku baik.

Direktur APS, Juhadi mengatakan saat ini terus menerima siswa-siswi usia dini, praremaja maupun remaja bahkan dewasa yang nanti akan dibina dengan pendampingan instruktur/pelatih profesional.

"Meski masih terbilang baru, sekarang sudah ada 20 murid yang kami bina. Mereka diberikan latihan seperti pengenalan dasar pencak silat prestasi, mulai cara pemanasan tubuh, pelenturan otot, ketangkasan gerak, ketepatan gerak, kecepatan gerak, dan lainnya," ujarnya, Sabtu (25/2/2023).

Setiap murid juga mengikuti kurikulum masing-masing sebagai wujud keseriusan pembinaan. Walaupun memang dalam proses latihan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Baca juga:
5 Berita Trending Pekan Ini: Nomor 1, Sudah Kenal Mereka?

"Selain itu juga butuh keseriusan peserta didik dan dorongan semangat orang tua masing-masing siswa," imbuhnya.

Dengan pelatihan yang benar tentu hasil yang bakal didapat oleh para murid lebih baik. Salah satunya yaitu dalam 2 bulan aktifitas latihan para murid memperlihatkan perkembangan yang baik.

"Padahal untuk melakukan pukulan dan tendangan tingkat dasar yang benar pada latihan perguruan silat membutuhkan waktu panjang, namun di APS bisa terlampaui kurang dari tiga bulan,” jelasnya.

Baca juga:
Pendekar Pencak Silat Bangkalan Meninggal saat Peragakan Jurus

Kemudian dari sisi lainnya para murid memperlihatkan perubahan positif, mereka saat ini mampu mengurangi aktifitas bermain gawai. Hal itu sesuai laporan dari para orang tua siswa yang aktif berkomunikasi memberitahukan kepada manajemen APS tentang perkembangan buah hatinya.

"Jadi para murid kalau di rumah sudah bisa mengurangi bermain gawai. Itu merupakan point bagi kami para pembina APS. Tidak hanya pencak silatnya saja, karakter anak juga harus dibentuk sejak dini supaya mereka memiliki jiwa kuat, sportif, tidak mudah putus asa, dan lainnya," tutupnya.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.