Mendadak, Semua Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak Dites Urine

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

Anggota saat menyerahkan urine-nya ke petugas Biddokes Polda Jatim/Foto: Narendra Bakrie

 

jatimnow.com - Ada pemandangan berbeda di halaman Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin (13/8/2018) pagi. Mobil Biddokes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Jatim terparkir di markas kepolisian itu. 4 personilnya turun membawa perlengkapan dalam tas. 

Di tengah-tengah itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Antonius Agus Rahmanto sedang mem-breaffing para pejabat utama termasuk kapolsek jajaran beserta anggotanya. Kecuali Agus, mereka semua menghadap berlawanan arah dengan mobil Diddokes Polda Jatim. 

"Oke, setelah ini, kita lakukan tes urine. Tanpa kecuali yang hadir di sini, termasuk saya," teriak Agus menutup breaffingnya. 

Sontak semua personil polisi yang ada di hadapan Agus menoleh ke belakang dan melihat lokasi tes urine. Ternyata, petugas Biddokes sudah menata peralatan di atas meja, tepat di depan Masjid Polres. Semua anggota dari semua kesatuan langsung mengantri mengambil formulir. 

Satu persatu mereka menuju toilet untuk mengambil urine-nya untuk diserahkan ke petugas Biddokes. Urine setiap anggota dites seusai nomor urut yang mereka tulis sebelumnya.

"Sebenarnya tes urine ini rutin kami lakukan. Dan setiap kali dilakukan, selalu kami gelar secara dadakan," beber Agus. 

Agus menambahkan, tes urine ini juga menjadi tindaklanjut dari tertangkapnya salah satu anggota Satsabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang ditangkap Polsek Tambaksari karena terlibat kasus narkoba. 

"Anggota Polri adalah manusia biasa. Tapi anggota Polri sesuai dengan tugasnya, sesuai dengan fungsinya adalah pengayom dan pelayan masyarakat. Bagaimana kita bisa mengayomi dan melayani kalau kita rusak di dalamnya," ungkap Agus. 

Oleh karena itu, lanjut Agus, pihaknya bakal terus melakukan tes urine secara berkala dan berkesinambungan. Dalam tes urine ini, tercatat sebanyak 160 personil (baik polisi maupun ASN) mengikutinya. 

 

Reporter : Narendra Bakrie

Editor: Arif Ardianto

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter