Pixel Codejatimnow.com

Banjir Luapan Bengawan Solo di Tuban: Sekolah Diliburkan, Sawah Warga Terendam

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Misbahul Munir
Banjir di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban akibat luapan Sungai Bengawan Solo (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Banjir di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban akibat luapan Sungai Bengawan Solo (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Aktivitas belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban terpaksa diliburkan akibat banjir luapan Sungai Bengawan Solo.

Terlihat air banjir yang keruh berwarna kecoklatan menggenangi halaman sekolah tersebut.

Bidang Administrasi SDN 2 Tambakrejo, Sugito mengungkapkan, banjir merupakan hal yang sudah biasa, karena terjadi setiap Sungai Bengawan Solo meluap.

Menurutnya, pada tahun ini sudah dua kali banjir merendam sekolahnya. Sehingga aktivitas belajar mengajar terpaksa diliburkan.

Sekolah di Tuban terendam banjir luapan Sungai Bengawan SoloSekolah di Tuban terendam banjir luapan Sungai Bengawan Solo

Baca juga:
Dwi Hari Cahyono Maju Pilwali Malang, Janji 100 Hari Prioritaskan Masalah Banjir

"Ketinggian air di halaman sekolah ini mencapai tinggi lutut orang dewasa, sehingga tidak memungkinkan untuk tetap dilakukan aktivitas belajar mengajar. Ya terpaksa harus diliburkan sementara sampai surut," ujar Sugito.

Sementara warga setempat, Subakir mengungkapkan bahwa desanya sudah menjadi langganan banjir setiap Sungai Bengawan Solo meluap. Bencana itu sudah berlangsung sejak belasan tahun lalu hingga saat ini.

Baca juga:
Tim SAR Susur Sungai Kedak, Cari Lansia yang Hilang Akibat Banjir Kota Kediri

"Mudah-mudahan tanaman padi yang terendam banjir dapat diselamatkan mas," singkatnya.

Selain merendam sekolah, banjir ini memang menggenangi hektaran sawah serta jalan desa itu.