Pixel Codejatimnow.com

Mas Dhito Ajak Tim Penggerak PKK Sinergi Wujudkan Kabupaten Kediri Zero Stunting

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Yanuar Dedy
Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-51 di Kabupaten Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-51 di Kabupaten Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) mengajak Tim Penggerak PKK untuk terus bersinergi mewujudkan Kabupaten Kediri Zero Stunting.

Harapan itu disampaikan Mas Dhito dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-51 yang digelar Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri di Pendopo Panjalu Jayati, Senin (6/3/2023) kemarin.

Sebagaimana tema HKG PKK Ke-51, yaitu "Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh", menurut Mas Dhito tangguh dalam tema itu diartikan tangguh menghadapi tantangan dan perkembangan yang ada.

"Tantangan saat ini bagaimana mewujudkan nol persen perkembangan anak yang stunting," ujar Mas Dhito dalam sambutan yang dibacakan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kediri Sujud Winarko.

Sebagai mitra kerja pemerintah, Tim Penggerak PKK dapat membantu mendorong terwujudnya Kabupaten Kediri zero stunting melalui kegiatan yang bersinergi dengan program pokok PKK.

Dalam hal ini, Tim Penggerak PKK diharap bisa mensosialisasikan hingga kader di tingkat desa supaya anak-anak di Kabupaten Kediri berkecukupan gizi salah satunya dengan kegiatan gemar makan ikan.

"Hari ini melalui peringatan HKG PKK ke-51, kita bersama-sama bersatu padu menjadikan Kabupaten Kediri yang maju dan sejahtera," tambahnya.

Baca juga:
Anggarkan Dana Hibah Rp5 Miliar, Mas Dhito Komitmen Tuntaskan PTSL di Kediri

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito dalam sambutannya menyampaikan, Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif.

Pola pendekatan pemberdayaan keluarga yang bertumpu pada penggerakan peran serta masyarakat harus menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan.

"Penggerakan peranserta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan itu adalah prinsip dasar dari gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa," tuturnya.

Berbagai kegiatan pembangunan, lanjut Mbak Cicha, apapun bentuknya, seperti dalam percepatan penurunan stunting bilamana disertai dengan dukungan peran serta dan gotong royong masyarakat hasil dan dampaknya akan mempunyai nilai tambah yang luar biasa.

Baca juga:
Mas Dhito Menginap di Rumah Warga Gurah, Janji Benahi Lapangan Voli Desa

Memperhatikan posisi dan peran strategis Gerakan PKK, Tim Penggerak PKK berkewajiban secara konsisten mengiringi, dan mendukung garis kebijakan program pemerintah.

"Menghadapi dinamika pembangunan saya sungguh sangat berharap kita sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK, tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian," tandasnya.

(ADV)