jatimnow.com

17 Dentuman Meriam Iringi Upacara Kemerdekaan RI di Grahadi

Suasana Upacara Kemerdekaan RI di Grahadi 🔍
Suasana Upacara Kemerdekaan RI di Grahadi

jatimnow.com — Suara dentuman meriam terdengar sebanyak 17 kali di Gedung Grahadi Surabaya pukul 10.00, Jumat (17/8/2018). Dentuman tersebut terdengar saat pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia tahun 2018.

Dari pantauan jatimnow.com, dentuman sebanyak 17 kali itu diiringi bunyi sirine dari PMK Pemerintah Kota Surabaya.

Inspektur upacara bendera 17 Agustus dalam Kemerdekaan RI Tahun 2018 Provinsi Jatim di Grahadi itu, dipimpin langsung Gubernur Jatim Soekarwo. Dan teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Jatim, Halim Iskandar.

Loading...

Sementara itu, bertindak sebagai komandan upacara peringatan Kemerdekaan RI di halaman gedung negara Grahadi, Letnan Kolonel Laut Yulius Zaenal, yang kesehariannya menjabat sebagai komandan kapal selam KRI Nanggala 402 satuan kapal selam Koarmada 2.

Sedangkan perwira upacara pagi ini Mayor Infanteri Tomy Wijaya yang sehari-hari adalah Kepala Protokol Gartap III Surabaya.

Selain itu, upacara juga diikuti jajaran Forum Pimpinan Daerah Jatim, TNI-Polri, pelajar dan mahasiswa, veteran pejuang, serta tamu undangan.

Diketahui pengoperasian meriam itu dilakukan oleh Batalyon Howitser Pasmar 2 dipimpin oleh Letnan Kolonel Marinir Yana Karyana dengan jabatan Komandan Batalyon Howitzer-1 Menart Pasmar-2.

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) sendiri berjumlah 74 pelajar SMU berprestasi perwakilan dari 38 kabupaten/kota Jatim.

Dalam upacara ini Pemprov Jatim mengambil tema upacara "Kerja Kita Prestasi Bangsa". Artinya, kerja dan energi adalah sesuatu yang saling melengkapi disimbolkan oleh bentuk garis dinamis, yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja.

Sekaligus melambangkan semangat optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

 

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Erwin Yohanes

 

 

 

 

 

Loading...