Pixel Codejatimnow.com

Jembatan Multiguna Dibangun Warga Sukamade, Banyuwangi Permudah Akses Berlebaran

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Eko Purwanto
Jembatan Multiguna Dibangun Warga Sukamade, Banyuwangi Permudah Akses Berlebaran (Foto: Ferri Nafaro for jatimnow.com)
Jembatan Multiguna Dibangun Warga Sukamade, Banyuwangi Permudah Akses Berlebaran (Foto: Ferri Nafaro for jatimnow.com)

jatimnow.com - Warga Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi membangun jembatan multiguna agar bisa berlebaran ke kerabat.

Inspirasi itu berawal ketika rakit yang jadi akses penghubung satu-satunya di wilayah tersebut rusak diterjang banjir.

"Rakit yang selama ini kita gunakan sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Jika banjir pasti aktivitas masyarakat terganggu, sedangkan sungai ini merupakan akses utama bagi masyarakat kami," ujar Kepala Dusun Sukamade, Ferri Nafaro, Rabu (26/4/2023).

Untuk diketahui, Dusun Sukamade terbilang wilayah terpencil di antara dusun lain di Desa Sarongan. Akses dari dan menuju dusun ini harus melewati sungai besar yang membelah wilayah tersebut. Sehingga membutuhkan jembatan untuk bisa menjangkau wilayah ini.

Sebagai upaya memperlancar aktivitas warga, termasuk berlebaran, Nafaro mengatakan, dibuatlah jembatan yang memiliki dua fungsi atau multiguna yang diartikan berfungsi sebagai jembatan dan juga rakit.

Baca juga:
International Paragliding Accuracy Championship Digelar di Banyuwangi

"Jadi jembatan digunakan atau berfungsi jika air sungai sedang surut atau tidak banjir. Dan jika terjadi banjir, jembatan akan berubah fungsi menjadi rakit," ungkap Nafaro.

Sementara soal pendanaan, pembangunan jembatan multifungsi tersebut berasal dari bantuan Pemerintah Desa Sarongan, dengan anggaran sekitar Rp15 juta.

Kepala Desa Sarongan, Gunoto mengatakan, dengan adanya jembatan tersebut akses masyarakat Dusun Sukamade bisa terbantu, meski sifatnya masih darurat.

Baca juga:
Kisah Pertemuan Siswi SD di Banyuwangi dengan Elon Musk

Dia berharap pihak-pihak terkait untuk memberikan perhatian lebih kepada warga Dusun Sukamade, yaitu membangun jembatan permanen.

"Semoga segera ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terhadap kondisi masyarakat yang ada di kawasan Sukamade, agar jembatan permanen bisa segera dibangun," harapnya.