Pixel Codejatimnow.com

Informasi dari Bumi Blambangan hingga Kota Soto Jadi Pilihan Pembaca

Editor : Redaksi  
Tim TACB Banyuwangi saat melakukan observasi ke lokasi penemuan situs kuno di areal tambang galian C (Foto: Disbudpar Banyuwangi for jatimnow.com)
Tim TACB Banyuwangi saat melakukan observasi ke lokasi penemuan situs kuno di areal tambang galian C (Foto: Disbudpar Banyuwangi for jatimnow.com)

jatimnow.com - Tiga berita yang menjadi pilihan pembaca setia jatimnow.com berasal dari Banyuwangi atau Bumi Blambangan hingga Lamongan alias Kota Soto.

Berita dari Pamekasan, Madua atau Pulau Garam juga menjadi bagian di antaranya. Berikut rangkuman redaksi:

1. Tim Ahli Cagar Budaya Diterjunkan ke Lokasi Penemuan Situs Kuno di Banyuwangi

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Disbudpar Banyuwangi langsung diterjunkan pasca-penemuan situs kuno di areal tambang galian C di Dusun Balak Kidul, Desa Balak, Kecamatan Songgon. Observasi awal langsung dilakukan bersama dengan Tim Museum Blambangan dan sejumlah pegiat sejarah.

Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bongkahan fragmen bata berukuran besar. Panjang dan tebalnya pun berbeda-beda.

"Rata-rata memiliki panjang 22 centimeter, lebar 18,5 centimeter, dan tebal 8,6 centimeter,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disbudpar Banyuwangi, Dewa Alit Siswanto, Sabtu (29/4/2023).

2. Polisi Tangkap Terduga Pelaku Pembacokan di Pamekasan, Korban Meninggal Dunia

Baca juga:
Korban Tabrak Lari di Tol Sidoarjo, Pemain Persebaya, Pemotongan Kapal Ilegal

Polisi gerak cepat mengungkap kasus pembacokan di Desa Tebul Barat, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, Sabtu (29/4/2023). Seorang terduga pelaku berhasil diamankan dan dibawa ke Mapolres setempat.

Sementara korban inisial AH (23), warga Dusun Montok Laok Desa Bujur Tengah, Kecamatan Batumarmar sudah dikabarkan meninggal dunia. Sehingga pihak keluarga melaporkan kasus pembacokan ke polisi.

Kasi Humas Polres Pamekasan, Iptu Sri Sugiarto mengatakan peristiwa pembunuhan tersebut dilaporkan ke Polsek Pegantenan pukul 08.00 WIB oleh ayah korban berinisial S.

3. Festival Kupatan Lamongan Berlangsung Meriah, setelah Vakum 3 Tahun

Baca juga:
Bocah Korban Jambret, Tabrak Lari di Tol Sidoarjo, Hewan Kurban Terindikasi PMK

Tradisi Lebaran ketupat dilaksanakan meriah di Kabupaten Lamongan dengan menggelar Festival Kupatan. Oleh pemerintah kabupaten setempat, tradisi ini menjadi kegiatan yang masuk dalam kalender even tahunan juga paling ditunggu.

Bertempat di area parkir Wisata Bahari Lamongan (WBL) di Kecamatan Paciran, ribuan pengunjung larut dalam berbagai rangkaian acara yang disiapkan Pemkab Lamongan melalui Dinas Pariwisata dan Budaya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, M. Nalikan mengaku senang lantaran kegiatan ini bisa kembali digelar setelah vakum hampir 3 tahun akibat pandemi. Menurutnya, kegiatan ini digelar sebagai ajang silaturahmi yang dibingkai dengan budaya lokal masyarakat Pantura.